Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ETOS KERJA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN KINERJA GURU BERSERTIFIKAT DI SD NEGERI EKS RSBI/SBI MALANG

Nurul Fajar P. Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Nurul Fajar P. 2015. Hubungan Etos Kerja dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan Kinerja Guru Bersertifikat di SD Negeri Eks RSBI/SBI Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: Etos kerja, pemanfaatan teknologi informasi, kinerja, guru SD Negeri bersertifikat.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data primer dari skala etos kerja dan skala pemanfaatan teknologi informasi yang dikembangkan oleh peneliti serta data sekunder dari dokumentasi PKG (Penilaian Kinerja Guru) semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengukur etos kerja peneliti menggunakan skala etos kerja, untuk pemanfaatan teknologi informasi menggunakan skala pemanfaatan teknologi informasi. Tiap instrumen disebarkan kepada 30 guru SD Negeri bersertifikat yang ada di tiga sekolah yakni SDN Kauman 1 Malang, SDN Tunjungsekar 1 Malang, dan SDN Model Tlogowaru Malang dengan teknik sampel jenuh disebabkan terbatasnya jumlah guru SD Negeri bersertifikat di tiga sekolah tersebut.

Karakter subjek penelitian ini adalah: Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh guru bersertifikat di SDN eks RSBI/SBI Malang. Hasil validitas pada skala etos kerja terdapat 11 aitem dari 24 aitem dengan reliabilitas 0,720. Validitas skala pemanfaatan teknologi informasi 39 aitem dari 48 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,958.

Berdasar hasil analisa data dari penelitian ini diperoleh 4 kesimpulan: (1) Etos kerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang umumnya berada dalam klasifikasi tinggi sebesar 56,67%. (2) Pemanfaatan teknologi informasi guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang umumnya berada dalam klasifikasi rendah sebesar 56,67%. (3) Kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang berada dalam klasifikasi tinggi 73,33%. (4) Tidak ada hubungan antara etos kerja dan pemanfaatan teknologi informasi dengan kinerja guru bersertifikat di SD Negeri eks RSBI/SBI Malang.

Saran pada peneliti selanjutnya yang membahas tentang etos kerja, pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja pada guru SD Negeri bersertifikat diharapkan untuk lebih memperluas kajian terkait etos kerja, pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru, bisa meneliti subjek dengan jumlah lebih besar dan dengan variabel-variabel lain yang belum diteliti, misalnya meneliti  perbandingan etos kerja guru berdasarkan usia, gender, tingkat pendidikan dan pengalaman bekerja, meneliti hubungan etos kerja islami dengan kinerja guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT)