Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS, KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAWANG

Anudiyan Amir Mas'ud

Abstrak


ABSTRAK

 

Mas’ud, Anudiyan Amir. 2016. Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktifitas, Kreatifitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Prih Hardinto, M.Si., (2) Drs. A.Ali Wafa M.Pd.

 

Kata kunci: Model Inkuiri, Aktifitas, Kreatifitas, Hasil Belajar.

 

Dalam pembaharuan pendidikan, khususnya kurikulumyaitu kurikulum 2013 menuntut agar siswa menjadi lebih aktif sedangkan guru sebagai fasilitator saja. Guru sebagai fasilitator harus mampu melihat keadaan di dalam kelas, untuk mencari tahu permasalahan apa yang terjadi di dalam kelas tersebut. Setelah itu guru juga harus mampu menentukan dan menerapkan model pembelajaran dengan tepat sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.Dengan menerapankan model pembelajaran inkuiri dapat membantu siswa untuk aktif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas, kreativitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitianadalah siswa kelas XSMA Negeri 1 Lawangdengan jumlah 27 siswa yang terdiri atas9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuantahun ajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari Penerapan Model Inkuiri. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre test dan post test, lembar observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan kreatifitas siswa setelah melakukan penerapan model pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata aspek aktifitas, kreatifitas siswa dalam kategori baik. Kemudian, hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Inkuiridapat meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XSMA Negeri 1 Lawang.Guru mata pelajaran Ekonomi disarankan menerapkan model pembelajaran Inkuirisebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktifitas, kreatifitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi, waktu pembelajaran, dan lingkungan sekolahnya.