Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Attachment Anak Terhadap Guru di TK Wahid Hasyim Malang

Karinda Sari Ranoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Ranoko, Karinda Sari. 2015. Attachment Anak Terhadap Guru di TK Wahid Hasyim Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si., (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: Attachment, anak TK, guru

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam mengenai attachment anak terhadap guru di TK Wahid Hasyim yang berlokasi di jalan MT. Haryono No. 165 Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun yang proses pemilihannya berdasarkan observasi awal oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif umum dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Teknik wawancara dan observasi digunakan untuk menyaring data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber informan terdekat dengan anak yakni guru dan orangtua.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa attachment anak terhadap guru pada ketiga subjek dapat dimasukkan dalam kategori pola kelekatan emosional yang aman atau secure attachment. Alasan anak lekat dengan guru ialah karena guru selalu membantu dan menemani mereka. Faktor lainnya ialah karena anak merasa kurang waktu kebersamaan dengan orangtua mereka masing-masing di rumah sehingga anak lebih cenderung lekat dengan guru.

Rekomendasi yang diberikan hendaknya guru selalu membangun hubungan yang sehat dan nyaman dengan anak-anak dengan cara menjadikan mereka nyaman di dekat guru. Jalinan hubungan tersebut hendaknya terjadi tidak hanya ketika sedang sakit, takut, atau marah akan tetapi dalam kondisi apapun. Jika mereka kesakitan, takut atau marah, dengan cara demikian anak menjadi riang, ceria serta mudah mengikuti arahan dan saran guru. Orangtua diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anaknya sehingga mereka memiliki dan merasakan bentuk kelekatan yang aman pada orangtua dan keluarga lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Ranoko, Karinda Sari. 2015. Attachment Children Against Teachers in kindergarten Wahid Hasyim Malang. Thesis, Department of Psychology, Faculty of Educational Psychology, University of Malang. Advisors: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Sc., (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi.

 

Keywords: Attachment, kindergartner, teacher

 

This study aims to reveal the depth of the attachment children against teachers in kindergarten Wahid Hasyim, located in the street MT. Haryono No. 165 Malang. Subjects in this study were children aged 4-6 years the selection process is based on preliminary observations by researchers. This type of research is a general qualitative basis. The approach used in this study is a qualitative approach. Sampling was done by purposive sampling technique. Interview and observation techniques used to filter the data. Data validity checking is done by triangulation techniques informant source closest to the child's teachers and parents.

The results showed that the attachment children against teachers in the three subjects can be included in the category of emotional attachment pattern safe or secure attachment. The reason the child is attached to the teacher because teachers always help and accompany them. Another factor is that the child feels less time together with their parents at home so that children are more likely closely with teachers.

Recommendations are given the teacher should always build healthy relationships and comfortable with the children by making them comfortable near the teacher. Such relations should occur not only when you're sick, scared, or angry but in any condition. If they are in pain, fear or anger, in that way children become carefree, cheerful and easy to follow directions and suggestions of teachers. Parents are expected to provide security and comfort for their children so that they have and feel the shape of a secure attachment to parents and other relatives.