Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Distress dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Akhir dalam Menyusun Skripsi Angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM

Yudha Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Permana, Yudha. 2015. Hubungan antara Distress dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Akhir dalam Menyusun Skripsi Angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., S.E., M.Si, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Distress, Prokrastinasi Akademik

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Distress merupakan respon secara emosional, kognitif, dan fisiologis yang diakibatkan ketidakberhasilan dalam menghadapi stres yang bersifat merusak dan merugikan diri sendiri. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik yang dilakukan berulang-ulang secara sengaja dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Penelitian ini menggunakan rancangan populatif deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pengambilan data penelitian menggunakan skala distress dan skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan skor T dan dianalisis dengan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dalam dua variabel. Dengan hasil secara umum tingkat distress subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa pada sampel penelitian, terdapat tiga puluh dua mahasiswa mengalami tingkat distress tinggi dan empat puluh empat mahasiswa mengalami tingkat distress rendah. Secara umum tingkat prokrastinasi akademik subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa terdapat tiga puluh tujuh mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik tinggi dan tiga puluh sembilan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik rendah. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi sebesar 0,569 dengan Nilai Sig (0,000)