Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Gratitude dengan Post Power Syndrome pada Pensiunan TNI AD di Kota Malang

Citra Alfa Riyaddini

Abstrak


ABSTRAK

 

Riyaddini, Citra Alfa. 2015. Hubungan Antara Gratitude dengan Post Power Syndrome pada Pensiunan TNI AD di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. (2) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: gratitude, post power syndrome.

 

Gratitude adalah ungkapan rasa terimakasih atas nikmat yang diperoleh dari sesama manusia dan Tuhan. Post power syndrome adalah gejala-gejala kejiwaan baik fisik maupun psikologis yang muncul dan dirasakan seseorang setelah tidak bekerja lagi atau mengalami pensiun. Dengan memiliki rasa bersyukur, maka pensiunan TNI AD bisa terhindar dari post power syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat gratitude pada pensiunan TNI AD di Kota Malang (2) Mengetahui tingkat post power syndrome pada pensiunan TNI AD di Kota Malang (3) Mengetahui hubungan antara gratitude dengan post power syndrome pada pensiunan TNI AD di Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Subjek dalam penelitian ini 81 pensiunan TNI AD. Gratitude diukur menggunakan skala gratitude yang dibuat sendiri oleh peneliti (reliabilitas = 0,968) dan skala post power syndrome yang dibuat sendiri oleh peneliti (reliabilitas = 0,941). Sebaran data dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan  p = 0,130 untuk variabel gratitude dan p = 0,251 untuk variabel post power syndrome. Kedua variabel memiliki linieritas sebesar p = 0,000.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak pensiunan TNI AD di Kota Malang memiliki gratitude yang tinggi dan post power syndrome yang rendah.  Uji hipotesis menggunakan korelasi product moment pearson dan didapatkan koefisien korelasi -0,541 dengan nilai signifikansi 0,00 (