Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Agresi Siswa RegulerSMKN 2 Malang Kepada Teman Sekelas Yang Berkebutuhan Khusus (ABK)

Sinta Oktavia Ayu Dawara Reubun

Abstrak


ABSTRAK

 

Reubun, Sinta Oktavia Ayu Dawara. 2015. Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Agresi Siswa RegulerSMKN 2 Malang Kepada Teman Sekelas Yang Berkebutuhan Khusus (ABK). Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negri Malang; Pembimbing (I) Dr.Tutut Chusniyah, M.Si (II) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci: empati, agresi siswa reguler terhadap ABK.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran empati siswa reguler SMKN 2 Malamg kepada teman sekelas yang berkebutuhan khusus (ABK), (2) untuk mengetahui gambaran agresi siswa reguler SMKN 2 Malamg kepada teman sekelas yang berkebutuhan khusus (ABK) (3) untuk mengetahui hubungan antara  empati dan perilaku agresi siswa reguler SMKN 2 Malamg kepada teman sekelas yang berkebutuhan khusus (ABK).

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subyek peneliti berjumlah 63 siswa kelas X administrasi perhotelan (AP)  yang di peroleh dengan menggunakan tehnik cluster sampling berdasarkan kriteriayang telah ditentukan, yaitu kelas reguler yang didalamnya pernah terjadi perilaku agresi dari siswa reguler kepada teman sekelas berkebutuhan khusus (ABK). Pengambilan data penelitian menggunakan skala empati dan skala agresi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan skor Z, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik analisis pearson correlation.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar  siswa kelas X administrasi perhotelan (AP) (1) memiliki tingkat empati yang tinggi (2) memiliki tingkat agresifitas yang tinggi (3) ada hubungan yang negatif antara empati dengan agresi dengan nilai r  = -0,262dan p = 0,038