Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PRESTASI KERJA KARYAWAN DITINJAU DARI PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN PADA UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DAERAH PERTANIAN KECAMATAN BREBEK KABUPATEN NGANJUK

Cheetah Wahyu

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyu, Cheetah. 2014. Perbedaan Prestasi Kerja Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Karyawan Terhadap Gaya Kepemimpinan Pada Unit Pelaksanaan Teknis Daerah PertanianKecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. (I) Dra. Sri WeniUtami, M.Si(II) Diyah sulistiyorini, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci: Prestasi Kerja, Persepsi Karyawandan Gaya Kepemimpinan

 

Kepemimpinan merupakan proses atau serangkaian kegiatan yang saling berhubungan satu dengan yang lain berisi menggerakkan, membimbing dan mengarahkan serta mengawasi orang lain dalam berbuat sama dengan tujuan yaitu untuk memaksimalkan potensi karyawan sehingga pencapaian prestasi kerja karyawan dapat meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan yang diterapkan pada UPTD Pertanian Kecamatan Berbek. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi kerja pegawai UPTD Pertanian Kecamatan Brebek. 3) Mengetahui adakah perbedaan prestasi kerja karyawan di tinjau dari persepsinya terhadap gaya kepemimpinan atasan. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu persepsi gaya kepemimpinan dan prestasi kerja karyawan. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai UPTD Pertanian Kecamatan Brebek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparatif dengan menggunakan  one-way anova.

Berdasarkan pada temuan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari hasil pembahasan penelitian maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan bahwa 1) Persepsi pegawai mengenai gaya kepemimpinan dapat dikatakan bahwa sebagian besar pegawai UPTD Pertanian Kecamatan Brebek memiliki persepsi gaya kepemimpinan demokratis 2) Pencapaian prestasi kerja pegawai pada UPTD Pertanian Kecamatan Brebek sebagian besar memiliki prestasi kerja yang tergolong rendah. 3) Terdapat perbedaan prestasi kerja di tinjau dari persepsi karyawan terhadap prestasi kerja pada UPTD Pertanian Kecamatan Brebek.

 

Berdasarkan simpulan di atas, maka saran atau rekomendasi yang di ajukan sebagai berikut. UPTD Pertanian Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk di sarankan agar mengkaji lebih dalam gaya kepemimpinan apa yang harusnya di terapkan agar didapat prestasi kerja yang maksimal. Melakukan sosialisasi dan melibatkan pegawai dalam menentukan kebijakan yang akan diambil.