Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Efikasi Diri Karier dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan Tidak Sesuai di Bank Jatim cabang Jember

Novita Leila Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Novita Leila. 2015. Hubungan Efikasi Diri Karier dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan Tidak Sesuai di Bank Jatim cabang Jember. Skripsi, Jurusan Psikologi,Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Tutut Chusniyah, M. Si (2) Indah Yasminum Suhanti, S. Psi, M. Psi.

 

Kata kunci : efikasi diri karier, komitmen organisasi, latar belakang pendidikan yang tidak sesuai

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri karier dan komitmen organisasi serta untukmengetahui hubungan positif diantara kedua variabel tersebut pada karyawan Bank Jatim cabang Jember yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangandeskriptif dan korelasional. Subjek atau sampel penelitian adalah karyawan Bank Jatim yang memiliki latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan jumlah responden 38 karyawan. Pengumpulan data menggunakanmetode skala efikasi diri karir dan skala komitmen organisasi.

Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi bivariateyang dikembangkan oleh pearson untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri karier dengan komitmen organisasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri karier pada karyawan Bank Jatim yang memiliki latar belakang pendidikan  tidak sesuai cenderung tinggi.Sedangkan komitmen organisasi juga cenderung tinggi. Hubungan antara variabel efikasi diri karier (X) dengan komitmen organisasi (Y) positif signifikan, dengan nilai 0,413 pada taraf signifikansi 0,005.

 

Bank Jatim cabang Jember diharapkan untuk mempertahankan efikasi diri karier karyawan guna meningkatkan komitmen organisasi. Sedangkan untuk karyawan Bank Jatim cabang Jember diharapkan untuk meningkatkan efikasi diri karier sehingga diharapkan dapat meningkatkan komitmen terhadap organisasi. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan subjek penelitian yang lebih banyak diatas 38 orang karyawan.