Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kemampuan Penyesuaian Diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu

Rahmania Hardiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardiyanti, Rahmania. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Penyesuaian Diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: kemampuan penyesuaian diri, motivasi belajar, SKS, siswa kelas X

 

Motivasi belajar merupakan hal yang penting  dalam aktivitas belajar mengajar karena mempunyai fungsi untuk mendorong, menggerakan, dan mengarahkan aktivitas-aktivitas siswa dalam belajar sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Siswa tahun pertama pada jenjang SMA yang menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dihadapkan pada perubahan-perubahan dan tuntutan-tuntutan sekolah yang sangat berbeda dari jenjang SMP. Kemampuan siswa untuk menyesuaiakan diri terhadap penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) berpengaruh pada keadaan siswa untuk memberikan respon pada setiap keadaan yang dihadapi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan penyesuaian diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu, (2) tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu, serta (3) melihat apakah ada hubungan antara kemampuan penyesuaian diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Sampel penelitian berjumlah 153 siswa yang diperoleh dari teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kemampuan penyesuaian diri sebanyak 46 aitem dengan reliabilitas 0,942 dan skala motivasi belajar sebanyak 30 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,878.

Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat kemampuan penyesuaian diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu berada dalam kategori tinggi, (2) tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu berada dalam kategori tinggi, dan (3) ada hubungan positif antara kemampuan penyesuaian diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu sebesar 0,653.

 

Siswa diharapkan tetap mengoptimalkan kemampuan penyesuaian diri terhadap Sistem Kredit Semester (SKS) agar mampu menghadapi keadaan sulit di jenjang pendidikan selanjutnya. Pihak sekolah diharapkan terus mengoptimalkan penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) yang masih baru diterapkan di Kota Batu. Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian di SMP atau SMA kategori standar, menggunakan metode penelitian lainnya seperti penelitian eksperimen atau kualitatif, dan menambahkan variabel penelitian.