Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara motivasi berprestasi dengan fear of success pada wanita bekerja di PT Mitra Gastri

Febriana Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Febriana. 2015. Hubungan Antara Motivasi Beprestasi Dengan Fear of Success pada Wanita Bekerja Di PT Mitra Gastri. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: motivasi berprestasi, fear of success, wanita bekerja

 

Bekerja bagi manusia sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi pria maupun bagi wanita. Seiring dengan terbukanya kesempatan bagi wanita untuk mengembangkan  diri, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mengalami hambatan dalam mengaktualisasi potensi diri mereka. Norma sosial yang ditanamkan pada wanita  adalah  untuk  tampil  feminin,  yaitu  patuh,  mengabdi,  pasif,  mengurus rumah tangga, dan bergantung pada orang lain. Hal ini akan menimbulkan konflik bagi wanita untuk memenuhi motivasi berprestasinya dengan mengejar karir dan memperoleh kesuksesan namun di sisi lain kesuksesan tersebut akan membawa dampak  yang  kurang  baik  bagi  dirinya  antara  lain  kehilangan  feminitas, kehilangan penghargaan sosial dan penolakan sosial. Konflik tersebut akan menyebabkan wanita mengalami ketakutan akan kesuksesan. Oleh karena itulah peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan yang antara motivasi berprestasi dengan fear of success pada wanita bekerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi wanita bekerja, mengetahui fear of success wanita bekerja, dan mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan fear of success pada wanita bekerja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan subjek sebanyak 35 wanita bekerja di PT Mitra Gastri. Data penelitian yang berupa angka dalam penelitian  ini  diperoleh  melalui  skala  motivasi  berprestasi  dan  skala  fear  of success kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan menggunakan product moment.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi berprestasi wanita bekerja umumnya berada dalam klasifikasi tinggi sebesar 60%. (2) fear of success wanita bekerja  umumnya  berada  dalam  klasifikasi  tinggi  sebesar  54,3%.  (3)  Ada hubungan  positif  antara  motivasi  berprestasi  dengan  fear  of  success  wanita bekerja sebesar 0,480

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini, bagi wanita bekerja diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga   dan sering merundingkan kepada suami serta anak mengenai pekerjaannya di luar rumah. Bagi   perusahaan   diharapkan   dapat   memberi   masukan   dan   arahan   berupa workshop atau sosialisasi sebelum mereka naik ke jabatan yang lebih tinggi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat memberikan variasi yang lebih komplek mengenai apa saja faktor yang dapat mempengerahui fear of succes pada wanita bekerja.