Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI SOSIAL DENGAN KONFORMITAS ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA DI KOTA MALANG

Khusanah Putri Rahayu Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Khusanah Putri Rahayu. 2015. Hubungan antara Efikasi Diri Sosial dengan Konformitas Anggota Resimen Mahasiswa di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: efikasi diri sosial, konformitas, resimen mahasiswa.

 

Efikasi diri sosial adalah keyakinan atas kemampuan individu dalam mengatur dan melakukan serangkaian perilaku untuk terlibat dalam tugas-tugas interaksi sosial untuk dapat melakukan tugas sosialisasi dengan baik. Konformitas adalah kemampuan individu untuk meniru tingkah laku orang lain, yang disebabkan oleh norma dalam kelompok untuk penyesuaian diri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi diri sosial serta konformitas pada anggota resimen mahasiswa dan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri sosial dengan konformitas anggota resimen mahasiswa di Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskiptif korelasional. Subjek penelitian adalah para anggota resimen mahasiswa yang ada di Kota Malang. Subjek berjumlah 102 responden dengan teknik purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala yang disusunsendiri oleh peneliti.Terdapat 30 item untuk skala efikasi diri sosial dengan koefisien reliabilitas 0,942 dan 27 item untuk skala konformitas dengan koefisien reliabilitas 0,923.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Anggota resimen mahasiswa sebagian besar memiliki efikasi diri sosial yang tinggi (2) Anggota resimen mahasiswa memiliki konformitas yang tinggi (3) yang diperoleh dari analisis datamenunjukkan angka korelasi sebesar r = 0,714 dan p = 0,000 (p < 0,01) yang artinyaada hubungan yang signifikan antara efikasi diri sosialdengan konformitas anggota resimen mahasiswa di Kota Malang.Jadi hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima.

Hipotesis diterima karena seorang individu yang melakukan konformitas dipengaruhi tingkat keyakinan pada kemampuannya sendiri. Kemampuan sosialnya untuk menampilkan suatu reaksi dan keyakinan itu disebut efikasi diri sosial.Mereka mampu untuk menyamakan perilaku dalam kelompoknya dan memiliki keyakinan atau kepercayaan diri.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) bagi anggota resimen mahasiswa untuk mengoptimalkan efikasi diri sosial dan konformitas, (2) bagi pembina resimen mahasiswa untuk dapat mengarahkan para anggota untuk lebih peduli dan meningkatkan dengan pelatihan yang ada, (3) diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan memperluas populasi dan melakukan pengontrolan variabel lain.