Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Wuwung Sari Muslimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Muslimah, Wuwung Sari. 2014. Hubungan antara Konsep Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi, M. Psi

 

Kata kunci: konsep diri, konformitas, perilaku konsumtif, produk kosmetik

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep diri mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) Mengetahui konformitas mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) Mengetahui tingkat perilaku konsumtif produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (4) Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (5) Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (6) Hubungan antara konsep diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 2632 mahasiswi Fakultas Ekonomi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan teknik purposive insidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa skala konsep diri, skala konformitas, dan skala perilaku konsumtif.

Analisis menggunakan analisis deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan nilai skor T. Untuk uji hipotesisnya menggunakan teknik korelasi product moment dan juga dengan penghitungan korelasi ganda secara manual.

Hasil penelitian menunjukkan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (1) memiliki konsep diri dalam kategori rendah (2) memiliki tingkat konformitas dalam kategori tinggi (3) memiliki tingkat perilaku konsumtif dalam kategori tinggi (4) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dengan nilai rxy  = -0,248, p= 0,013 < 0,05; (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif dengan nilai rxy=  0,753, p = 0,000 < 0,05; (6) terdapat hubungan antara konsep diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan nilai r =  0,761 (p= 67,32 > 3,09).

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: 1) bagi masyarakat: masyarakat termasuk mahasiswi diharapkan lebih mengendalikan perilaku konsumtifnya. 2) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan variabel-variabel bebas lainnya.