Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konflik Peran dan Kepuasan Kerja dengan Stres Kerja Tenaga Pendidik di SD Inklusi Gugus IV Lowokwaru Malang

Pradina Yeni Oktavia Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Pradina Yeni Oktavia. 2015. Hubungan Konflik Peran dan Kepuasan Kerja dengan Stres Kerja Tenaga Pendidik di SD Inklusi Gugus IV Lowokwaru Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : konflik peran, kepuasan kerja, stres kerja, dan tenaga pendidik inklusi

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai konflik peran tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (2) untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (3) untuk mengetahui gambaran stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (4) untuk mengetahui hubungan konflik peran dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (5) untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (6) untuk mengetahui hubungan konflik peran dan kepuasan kerja dengan stres kerja tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Subjek peneliti menggunakan tekhnik purpossive sampling yaitu sebesar 75 tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang yang mengajar siswa berkebutuhan khusus lebih dari satu dalam kelas. Pengambilan data penelitian menggunakan skala konflik peran, skala kepuasan kerja dan skala stres kerja. Analisis data secara deskriptif menggunakan prosentase, analisis korelasi menggunakan tekhnik product moment dengan bantuan software SPSS 17.0 dan analisis korelasi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga pendidik di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (1) memiliki konflik peran yang rendah (2) memiliki kepuasan dalam bekerja (3) memiliki stres kerja yang rendah (4) ada hubungan positif antara konflik peran dengan stres kerja dengan nilai r = 0,706 dan p = 0,000