Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penerapana Model Pembelajaran Timbal Balik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas V SDN Penanggungan Malang

Dewi Agil Susilo Ari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ari, Dewi Agil Susilo. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Timbal Balik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas V SDN Penanggungan Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi. (2) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: pembelajaran timbal balik, kemampuan pemahaman membaca, siswa kelas

Pemahaman membaca adalah pemahaman arti atau maksud dalam suatu bacaan melalui tulisan. Melalui pemahaman membaca siswa akan lebih mudah mengaitkan pengetahuan yang dimiliki dengan informasi yang baru didapatkan dan siswa mampu menjawab pertanyaan terkait dengan tugas yang terdapat dalam bacaan. Kenyataannya, masih banyak siswa belum bisa melakukan pemahaman membaca pada bacaan dengan baik, khususnya siswa kelas lima sekolah dasar. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan pemberian pembelajaran yang sesuai. Salah satu pembelajaran yang memberikan tugas berupa teks bacaan untuk memfokuskan pada kemampuan membaca siswa adalah Pembelajaran Timbal Balik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Pembelajaran Timbal Balik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas lima SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental. Desain  penelitian yang digunakan adalah desain dua kelompok “ Non- Equivalent Control Group Design”. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan tes pemahaman membaca yang dikembangkan oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa, dengan pembagian 26 siswa adalah kelompok kontrol dan 26 siswa adalah kelompok eksperimen.

Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas point biserial, dan uji reliabilitas Alpha Cronbanch. Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor antara kedua kelompok menggunakan statistik non parametrik uji formula Mann Whitney dengan taraf signifikansi 0,05. Uji efektivitas menggunakan teknik U Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Timbal Balik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca Pada Siswa Kelas V SDN Penanggungan Malang. Terdapat peningkatan pemahaman membaca siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran timbal balik dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan pembelajaran timbal balik. 

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi siswa: diharapkan siswa pemahaman membacanya masih rendah, bisa menerapkan pembelajaran timbal balik untuk mempermudah melakukan pemahaman membaca. (2) Bagi sekolah: diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran timbal balik sebagai metode dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. (3) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat memperhatikan faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca siswa, cara menentukan sampel dan desain penelitian.