Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Adversity dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo

Anindita Danurdara

Abstrak


ABSTRAK

 

Danurdara, Anindita. 2015. Hubungan Kemampuan Adversity dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sambit Ponorogo. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakutas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) : Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Psi.

Kata kunci : kemampuan adversity, prestasi belajar, siswa SMP.

 

Kemampuan adversity adalah kemampuan individu untuk bertahan dalam menghadapi segala macam kesulitan. Prestasi belajar adalah hasil usaha yang dilakukan dan menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu. Individu yang memiliki adversity quotient akan memiliki ketangguhan yang lebih daripada mereka yang memiliki adversity quotient rendah. Memiliki ketangguhan akan menghasilkan respon positif dalam menghadapi proses belajar dengan bermacam tantangan, yang ditunjukkan dengan adanya sikap optimis sehingga mereka yakin dapat melewati tantangan tersebut. Rasa optimis itu akan membuat motivasi belajar mereka meningkat karena adanya keyakinan untuk menghasilkan prestasi belajar yang tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan adversity pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Ponorogo, (2) prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Ponorogo, (3) hubungan antara kemampuan adversity dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Ponorogo.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket kemampuan adversity dan dokumentasi prestasi belajar siswa kelas VIII. Try out dilakukan pada 43 siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Ponorogo.  Validitas item untuk variabel kemampuan adversity terdiri dari 25 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,844. Prestasi belajar diukur melalui penilaian guru dalam bentuk rapot, yaitu jenis tes sumatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit, Ponorogo sebagian besar memiliki tingkat kemampuan adversity yang cukup, (2) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit, Ponorogo sebagian besar memiliki tingkat nilai prestasi belajar yang cukup, (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan adversity  dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Sambit Ponorogo. Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor-faktor di luar kemampuan adversity, yaitu faktor intern yang bersumber pada diri siswa dan faktor ekstern yang bersumber dari luar diri siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi siswa agar meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi tantangan yang dihadapi sebagai sarana untuk mengasah diri menjadi lebih baik sehingga bisa memaksimalkan prestasi belajarnya. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, sehingga diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti hubungan antara variabel lain dalam peningkatan prestasi belajar siswa, terutama inteligensi dan motivasi.