Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konflik Interpersonal dengan Kinerja karyawan yang Memiliki Jabatan Setara di PT Perkebunan Nusantara XII Wonosari

Mohammad Dwi Janarko

Abstrak


ABSTRAK

 

Janarko, Mohammad Dwi. 2015. Hubungan Konflik Interpersonal dengan Kinerja Karyawan yang Memiliki Jabatan Setara di PT Perkebunan Nusantara XII Wonosari. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si, (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : konflik interpersonal dan kinerja karyawan.

Kinerja merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuan sebuah perusahaan. Salah satu yang mempengaruhi kinerja adalah konflik interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai konflik interpersonal karyawan yang memiliki jabatan setara, (2) untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja karyawan yang memiliki jabatan setara, (3)untuk mengetahui hubungan konflik interpersonal dengan kinerja karyawan yang memiliki jabatan setara.

Kinerja adalah proses pekerjaan dan hasil kerja karyawan dalam suatu perusahaan dengan periode waktu tertentu. Konflik interpersonal adalah ketidaksesuaian antara dua individu dalam suatu perusahaan atau organisasi yang timbul karena kedua belah pihak mempunyai status, tujuan, nilai-nilai, dan persepsi yang berbeda.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subjek peneliti menggunakan teknik purpossive sampling yaitu sebesar 42 karyawan di PT Perkebunan Nusantara XII yang memiliki jabatan setara dengan rekan sekerja. Pengambilan data penelitian menggunakan skala konflik interpersonal dan skala kinerja. Analisis data secara deskriptif menggunakan prosentase, analisis korelasi menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 17.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan PT Perkebunan Nusantara XII, (1) lebih banyak memiliki konflik interpersonal yang rendah (2) lebih banyak memiliki kinerja yang tinggi (3) ada hubungan negatif antara konflik interpersonal dengan kinerja karyawan sebesar -0,603 dengan nilai signifikan p = 0,000