Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konsep Diri dengan Persepsi Prestasi Kerja Karyawan Marketing Perusahaan Jasa Keuangan Di Kota Malang

Mifta Mauliane Pristiayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Pristiayu, Mifta Mauliane. 2015. Hubungan antara Konsep Diri dengan Persepsi Prestasi Kerja Karyawan Marketing Perusahaan Jasa Keuangan di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Psi, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi, M.Psi

Kata kunci : konsep diri, persepsi prestasi kerja, marketing.

Divisi marketing merupakan ujung tombak sebuah perusahaan dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk perusahaan. Seharusnya marketing dapat menunjukkan prestasi kerja yang baik demi kemajuan perusahaan. Faktanya 11 dari 15 karyawan marketing yang dalam masa kerjanya tidak menunjukkan prestasi kerja tinggi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan seorang karyawan marketing terhadap dirinya sendiri termasuk kemampuan yang dimiliki, harapan dirinya, serta penerimaan dirinya terhadap kritik. Selain itu, tingginya harapan atau ekspektasi kerja tidak diimbangi dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini berkaitan dengan konsep diri atau gambaran penerimaan diri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui konsep diri dan persepsi prestasi kerja karyawan marketing serta hubungannya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Populasi sebanyak 126 karyawan marketing dari empat perusahaan jasa keuangan di Kota Malang dan jumlah sampel 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Incidental Sampling. Hasil try out skala konsep diri dari 90 aitem menjadi 50 aitem dengan nilai validasi rxy = -0,010 sampai 0,650, reliabilitas 0,898 dan skala persepsi prestasi kerja  dari 56 aitem menjadi 32 aitem dengan nilai validitas  -0,213 samapi 0,824, reliabilitas 0,838.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan marketing yang memiliki konsep diri positif 40% dan yang memiliki konsep diri negatif 60%. Karyawan marketing yang memiliki persepsi prestasi kerja rendah 57,5% dan yang memiliki persepsi prestasi kerja tinggi 42,5%. Terdapat hubungan signifikan positif antara konsep diri dengan persepsi prestasi kerja karyawan marketing dengan angka korelasi r  = 0,719, p < 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan marketing memiliki konsep diri dan persepsi prestasi kerja yang rendah. Maka karyawan marketing diharapkan untuk memiliki pengetahuan diri yang baik dan memiliki penerimaan diri yang baik pula dengan menerima kritik dan fakta diri yang ada. Karyawan juga sebaiknya menyadari kemampuan diri dan menyeimbangkannya dengan harapan diri atau ekspektasi agar mampu mencapai prestasi kerja yang diinginkan perusahaan. Selain itu untuk perusahaan jasa keuangan agar lebih memperhatikan perkembangan karyawan marketingnya serta memperhatikan proses rekrutmen, agar lebih selektif dalam memilih karyawan dengan mengadakan tes psikologi.