Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Makna Kebahagiaan Pemimpin Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Fulkil Maskun

Abstrak


ABSTRAK

 

Fulkil, M. 2015. Makna Kebahagiaan Pemimpin Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.   Pemimbimbing (1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si.,M.Ed, (2) Ninik Setiyowati, S.Psi., M.Psi.

 

 Kata kunci : makna kebahagiaan, pemimpin, organisasi mahasiswa

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui makna kebahagiaan bagi para pemimpin organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Malang. Model yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik member check. Penelitian dilaksanakan di kota Malang dengan partisipan sebanyak 4 orang yang semua subjek berjenis kelamin laki – laki.

Hasil penelitian menunjukkan para pemimpin organisasi mahasiswa mampu melewati masa – masa sulit dengan kekuatan dan kebajikan yang dimiliki. Semua subjek memiliki rasa bersyukur atas segala hal yang sudah dialami dan dicapai di masa lalunya ketika menjadi pemimpin organisasi mahasiswa. Emosi masa depan para pemimpin menunjukkan bahwa mereka adalah tipe pemimpin yang temporer yaitu percaya bahwa penyebab kejadian buruk hanyalah sementara. Masalah – masalah psikologis dalam diri juga bisa diatasi dengan menjalin hubungan yang positif. Keterlibatan yang dilakukan dalam setiap kegiatan organisasi mahasiswa membuat hati dan fikiran para pemimpin juga ikut beraktivitas. Para pemimpin organisasi mahasiswa juga mempunyai resiliensi yang sangat baik. Para pemimpin organisasi mahasiswa juga menemukan makna dari semua hal yang sudah dialami, semua hal tersebut menandakan bahwa ada perasaan bahagia pada saat menjadi pemimpin organisasi mahasiswa. Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa makna kebahagiaan seorang pemimpin organisasi mahasiswa adalah proses menjadi seorang pemimpin yang bisa membuat perubahan, proses menjadi seorang pemimpin yang bisa bermanfaat, proses menjadi seorang pemimpin yang selalu bangkit di setiap keterpurukan yang di alami, proses menjadi seorang pemimpin yang selalu menularkan semangat positif.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan semua mahasiswa bahwa peran seorang pemimpin bukanlah perkara yang mudah, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Tapi hal itu bukan alasan untuk orang tidak mau menjadi seorang pemimpin, karena menjadi seorang pemimpin juga banyak sekali sesuatu yang membuat bahagia. Maka dari itu sebagai mahasiswa jangan pernah takut untuk menjadi seorang pemimpin. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian kembali tentang makna kebahagiaan pemimpin organisasi mahasiswa, sebaiknya peneliti selanjutnya lebih mendalam lagi dalam menggali informasi agar data yang diperoleh semakin kaya dan baik.