Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL MANAGEMENT STRES PEMIMPIN ORGANISASI MAHASISWA FAKULTAS DAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Atub Candra Qolby

Abstrak


ABSTRAK

 

Qolby, Candra Atub. 2015. Model Management Stres Pemimpin Organisasi Mahasiswa Fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : model management stres, pemimpin organisasi mahasiswa fakultas, unit kegiatan mahasiswa, universitas negeri malang.

Pemimpin organisasi mahasiswa menjadi pusat perhatian dan menjadi ujung tombak berfungsinya sebuah organisasi mahasiswa. Tugas dari pemimpin ormawa yaitu mengontrol, memberikan wewenang dan tugas serta memberikan keputusan dari setiap masalah yang sedang diselesaikan. Masalah yang timbul sering mengakibatkan stres pada pemimpin ormawa, tidak terkecuali pemimpin ormawa di Universitas Negeri Malang. Management stres menjadi cara untuk mengurangi stres yang dihadapi oleh pemimpin ormawa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model-model management stres pemimpin organisasi mahasiswa fakultas dan unit kegiatan mahasiswa di universitas negeri malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, subjek penelitian berjumlah 3 (tiga) orang dengan kriteria (1) Subjek pernah atau sedang menjabat sebagai pemimpin ormawa fakultas di Universitas Negeri Malang, (2) Subjek pernah memiliki program kerja lebih dari 3 yang memiliki skala besar, (3) Bersedia menjadi subjek penelitian. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan catatan lapangan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Re-check Significant Other, Triangulasi dan Bahan Referensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Management Stres dengan cara menghindar menjadi cara untuk menekan stres yang sering dilakukan.. Pengalaman masa lalu yaitu hubungan anak dengan orang tua dengan intensitas komunikasi yang masih kurang serta hubungan dengan lawan jenis yang masih terbawa sampai sekarang menjadi salah satu sumber stres yang mempengaruhi kinerja dari pemimpin ormawa. Minat sosial menjadi faktor yang paling mempengaruhi pemimpin ormawa untuk memilih bagaimana untuk menekan stres, semakin tinggi minat sosial semakin memiliki rasa empati yang tinggi bagi pemimpin ormawa, semakin rendah minat sosial semakin tinggi superiority yang dimiliki pemimpin ormawa. Minat sosial juga mempengaruhi bagaimana cara pemimpin ormawa untuk memimpin serta memilih suatu tujuan. Hasil penelitian menunjukan saran kepada penelitian sejenis untuk lebih memahami dan mencemati karakteristik dari subjek dan memperdalam teori untuk analisis data.