Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN ASERTIVITAS DENGAN COMMUCATION APPREHENSION (KECEMASAN KOMUNIKASI) PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dewo Agung Nugroho Naro S

Abstrak


ABSTRAK

 

Naro S, Dewo.Agung.Nugroho. 2015. Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Asertivitas dengan Communication Apprehension ( Kecemasan Komunikasi) pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.si (II) Farah Farida Tantiani, S.psi, M.Psi.

 

Kata kunci:communication aprehension, kepercayaan diri, asertivitas, mahasiswa Psikologi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran communication aprehension pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, (2) gambaran kepercayaan diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, (3) gambaran asertivitas mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (4) hubungan kepercayaan diri dengan communication apprehension  (5) hubungan asertivitas  dengan  communication apprehension  (6) hubungan kepercayaan diri dan asertivitas dengan communication apprehension .

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional.Dalam pengambilan  sampel, peneliti mengambil 95 mahasiswa yang sesuai dengan karakteristik penelitian dengan menggunakan teknik sampel total.Instrument yang digunakan adalah skala communication apprehensiondengan validitas berkisar antara 0.214-0.679dengan reliabilitas 0,900. Skala kepercayaan diri dengan validitas berkisar 0,308-0,549 dengan realibilitas 0,907.Skala Asertivitas dengan validitas berkisar 0,212-0,774 dengan realibilitas 0,943. Validitas pada alat pengumpul data dievaluasi menggunakan validitas konstruk dan analisis korelasi menggunakan rumus Pearson Product Moment.

 Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya 1) hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan communication apprehension dengan r= -0,759 2) hubungan negatif antara asertivitas dengan communication apprehension dengan r= -0,020 3) hubungan antara Kepercayaan Diri dan Asertivitas dengan Communication Apprehension ( Kecemasan Komunikasi) pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang dengan r =0,765.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan mahasiswa hendaknya melakukan pelatihan keterampilan komunikasi diluar matakuliah untuk mengasah kemampuan komunikasi mahasiswa serta melatih mahasiswa untuk berkomunikasi secara asertif dan meningkatkan kepercayaan diri sehingga dapat mengurangi kecemasan berkomunikasi