Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Harga Diri dan Dukungan Sosial dengan Aktualisasi Diri pada Guru SD Inklusi Gugus IV Lowokwaru Malang

Chris Ayu Negara

Abstrak


ABSTRAK

 

Negara, Chris Ayu. 2015. Hubungan antara Harga Diri dan Dukungan Sosial dengan Aktualisasi Diri pada Guru SD Inklusi Gugus IV Lowokwaru Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

Kata kunci: harga diri, dukungan sosial, aktualisasi diri, dan guru inklusi.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai harga diri guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (2) untuk mengetahui gambaran mengenai dukungan sosial guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (3) untuk mengetahui gambaran mengenai aktualisasi diri guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (4) untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan aktualisasi diri guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (5) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan aktualisasi diri guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (6) untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan dukungan sosial dengan aktualisasi guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan populatif deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah 75 guru di SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang. Pengambilan data penelitian menggunakan skala harga diri, skala dukungan sosial, dan skala aktualisasi diri. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan skor z, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik analisis parsial dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows dan korelasi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak guru SD inklusi gugus IV Lowokwaru Malang, (1) memiliki harga diri tinggi, (2) memiliki dukungan sosial tinggi, (3) memiliki aktualisasi diri tinggi, (4) ada hubungan yang positif antara harga diri dengan aktualisasi diri dengan nilai r = 0,455 dan p = 0,000 < 0,05 (5) ada hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan aktualisasi diri dengan nilai r = 0,581 dan p = 0,000 < 0,05 (6) ada hubungan yang positif antara harga diri dan dukungan sosial dengan aktualisasi diri dengan nilai R = 0,624 dan fh = 24,375 > 3,12.

Saran yang dapat diberikan adalah (1) Dinas Pendidikan dapat mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan kelas inklusi dan anak berkebutuhan khusus serta membentuk komunitas guru inklusi, (2) Sekolah dapat menyediakan sarana prasarana yang mendukung kelas inklusi serta dapat memberikan penghargaan pada guru yang membuat inovasi mengenai kelas inklusi, (3) Guru dapat mengikuti kegiatan diluar sekolah yang mendukung kelas inklusi dan dapat bekerjasama dengan guru pendamping khusus, (4) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel bebas lain seperti kepercayaan diri dan konsep diri yang berpengaruh pada aktualisasi diri.