Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang

Dian Elysabeth

Abstrak


ABSTRAK

 

Elysabeth, Dian. 2015. Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2014 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si (II) Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi.

Kata Kunci: kematangan emosi, penyesuaian diri, dan mahasiswa psikologi.

Mahasiswa baru merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama perkuliahan. Kenyataan saat ini, masih banyak masalah yang disebabkan karena penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain disekitarnya. Penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk menanggulangi kebutuhan dalam diri, untuk mengatasi ketegangan, dan konflik yang bertujuan untuk mengubah perilaku individu agar lebih sesuai antara diri dengan lingkungan,yang berlangsung terus-menerus karena keadaan hidup selalu mengalami perubahan. Kematangan emosi adalah kemampuan individu untuk mengendalikan emosi dalam kehidupan sehari -hari.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran mengenai kematangan emosi mahasiswa psikologi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang, (2) untuk mengetahui gambaran mengenai penyesuaian diri mahasiswa psikologi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang, (3) untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri mahasiswa psikologi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subyek penelitian adalah 125 mahasiswa psikologi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang. Pengambilan data penelitian menggunakan skala kematangan emosi dan skala penyesuaian diri. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan presentase, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik analisis parsial dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak mahasiswa psikologi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang, (1) memiliki kematangan emosi rendah, (2) memiliki penyesuaian diri rendah, (3) ada hubungan yang positif antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri dengan nilai r = 0,766 dan p = 0,000 < 0,05.

Saran yang diberikan adalah (1) Mahasiswa psikologi dapat memanfaatkan kegiatan-kegiatan seperti ospek, seminar dan mengikuti organisasi sebagai sarana menambah pengalaman baru yang diharapkan mampu meningkatkan kematangan emosi dan penyesuaian diri mahasiswa, (2) Psikolog sosial dapat memberikan seminar yang berhubungan dengan kematangan emosi dan penyesuaian diri mahasiswa, (3) Perguruan Tinggi diharapkan memperbanyak kegiatan sosial bagi mahasiswa seperti ospek, kegiatan di fakultas dan seminar, (4) Peneliti selanjutnya diharapkan lebih mencermati faktor- faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri seperti kondisi fisik, pengalaman, budaya, dan menambah subjek dalam cakupan lebih luas.