Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kohesivitas Kelompok pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Marthin Hutasoit

Abstrak


ABSTRAK

 

Hutasoit, Marthin. 2015. Kohesivitas Kelompok pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : Kohesivitas kelompok, Badan Eksekutif Mahasiswa.

 

Kohesivitas kelompok merupakan indikasi penting dari sebuah organisasi yang baik tanpa adanya kohesivitas kelompok, kelompok akan terpecah dimana anggota kelompok menarik diri dari kelompoknya. Selain itu kohesivitas kelompok menjadi indikasi keberhasilan kelompok (Forysth,2010). Kohesivitas didalam kelompok juga menunjukkan saling tertariknya atau saling senangnya anggota satu dengan yang lain dalam kelompok, dengan kata lain kohesivitas akan dapat mempengaruhi saling hubungan atau interaksi anggota dalam kelompok bersangkutan (Walgito, 2007).

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang sangat berarti bagi kelangsungan seluruh kegiatan mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi dan di harapkan pula bisa memberikan dampak positif bagi anggota yang tergabung didalamnya. Akan tetapi sekarang berdasarkan pengamatan dan wawancara, fenomena kohesivitas kelompok di dalam Badan Eksekutif Mahasiswa selama tahun 2012 hingga 2014 mulai beragam, salah satunya adalah banyaknya anggota yang keluar sebelum akhir kepengurusan, hal ini mengindikasikan tidak adanya kohesivitas kelompok di dalam organisasi. Fenomena kohesivitas kelompok tersebut sangat terasa pengaruhnya di kepengurusan tahun 2015, hal ini ditunjukkan berdasarkan wawancara dari pimpinan terpilih Badan Eksekutif Mahasiswa yang mengaku kesulitan dalam mencari anggota, sehingga menyebabkan pimpinan organisasi kerap kali mengajak beberapa mahasiswa secara personal untuk bergabung ke dalam organisasi. Dengan cara ini seakan menimbulkan kesan bahwa anggota yang tergabung di kepengurusan sekarang tidak memiliki ketertarikan,sehingga hal ini bisa saja mempengaruhi kohesivitas kelompok didalam Badan Eksekutif Mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kohesivitas kelompok pada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Subjek pada penelitian adalah anggota aktif Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi sejumlah enam orang yang mewakili enam divisi yang ada di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi

Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa dari penelitian ini menunjukkan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi memiliki kohesivitas kelompok yang tinggi. Hal tersebut terlihat dari kerjasama dalam menyelesaikan masalah, proses pengambilan keputusan,aktivitas lain diluar organisasi,dan antusiasme anggota dalam setiap kegiatan kelompok. Sehingga diharapkan bagi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi yang sekarang diharapkan mempertahankan upaya – upaya positif sehingga dapat mempertahankan kohesivitas kelompok didalam Badan Eksekutif Mahasiswa.