Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh media numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tunagrahita kelas IV di Sekolah Dasar Luar Biasa Putra Jaya Malang

Endra Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Endra Puspita. 2015. Pengaruh media numetri puzzle untuk meningkatkan kemampuan matematika anak tunagrahita kelas IV di Sekolah Dasar Luar Biasa Putra Jaya Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi FPPsi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si, (II) Ninik Setiyowati S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci : media numetri puzzle, kemampuan matematika, anak tunagrahita kelas IV

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media numetri puzzle dapat mempengaruhi kemampuan matematika anak tunagrahita kelas IV SDLB Putra Jaya Malang. Subjek yang digunakan sebanyak 5 siswa dari populasi seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. alat ukur yang digunakan yaitu tes matematika dengan spesifikasi mengurutkan angka, menjumlahkan dan mengenal bangun datar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest design. Dimana penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen. Analisis instrument yang digunakan yaitu validitas isi dan uji reliabilitas aitem menggunakan Alpha Cronbach 0.68. Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor pretes dan posttest adalah dengan uji formula Wilcoxon Signed Rank dengan taraf signifikansi 0,05.

Uji perbedaan pretest dan posstest menggunakan W= 0,042 < 0.05; Signifikan maka hipotesa diterima. Karena terdapat peningkatan skor pada hasil pretest dan posstest. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan matematika yang dimiliki oleh anak tunagrahita kelas IV dengan menggunakan media numetri puzzle.

Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada guru untuk menggunakan media permainan numetri puzzle ini karena cukup memberikan sumbangsih untuk belajar materi matematika. Selain itu, anak dapat menggunakannya untuk belajar operasi bilangan dan bangun datar secara lebih mandiri dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya penelitian pengaruh media numetri puzzle masih memerlukan penelitian lebih mendalam dengan menambah subjek penelitian karena jumlah subjek sangat mempengaruhi keberhasilan penelitian.