Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Stres kerja dan kepuasan kerja guru tunagrahita di sekolah luar biasa putra jaya malang

Nunung Supriyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Supriyanti, Nunung. 2015. Hubungan antara Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Guru Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: stres kerja, kepuasan kerja, guru tunagrahita

 

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat stres kerja guru tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang, (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja guru tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara stres kerja dan kepuasan kerja guru tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang yang mempunyai karakteristik (a) jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, (b) guru tunagrahita di SLB Putra Jaya Malang, (c) masih aktif mengajar, (d) mengalami gangguan gejala stres baik secara fisiologis, psikologis, maupun sikap, (e) mengalami kepuasan dalam bekerja. Sampel diambil dengan teknik  total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 26.

Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala likert untuk mengukur stres kerja dan kepuasan kerja. Dengan tingkat reliabilitas skala stres kerja sebesar 0,917 dan tingkat reliabilitas skala kepuasan kerja sebesar 0,936.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan korelasional dengan hasil guru SLB Putra Jaya Malang memiliki tingkat stres kerja tinggi dengan prosentase 57% dan memiliki tingkat stres kerja rendah dengan prosentase 43%. Guru SLB Putra Jaya Malang memiliki tingkat kepuasan kerja tinggi dengan prosentase 54% dan memiliki tingkat kepuasan kerja rendah dengan prosentase 46%. Hasil korelasi yaitu ada hubungan positif signifikan antara stres kerja dan kepuasan kerja guru tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Putra Jaya Malang.

Hasil penelitian sebagai berikut. (1) tingkat stres kerja guru SLB Putra Jaya Malang berada dalam kategori tinggi, (2) tingkat kepuasan kerja guru SLB Putra Jaya Malang berada dalam kategori sangat tinggi, (3) ada hubungan positif signifikansi antara stres kerja dan kepuasan kerja guru tunagrahita di SLB Putra Jaya Malang. Dalam penelitian ini diharapkan bagi pihak guru sekolah luar biasa hendaknya lebih meningkatkan kedisiplinan diri serta memperluas hubungan dengan orang lain dan mengikuti pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan dan kreatifitas. Bagi kepala sekolah, diharapkan kepala sekolah dapat mengfasilitasi lingkungan kerja serta menciptakan lingkungan kerja yang hangat serta nyaman dan tidak membosankan. Bagi UPT Dinas Pendidikan diharapkan  lebih memperhatikan lagi ketersediaan sarana-prasarana di sekolah serta membantu perbaikan infrastruktur sekolah serta memberi kesempatan kenaikan jabatan pada guru. Bagi peneliti lain, diharapkan bagi peneliti lain selanjutnya bisa melakukan tindak lanjut penelitian, misalnya dalam hal pengembangan alat ukur.