Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Malang

Oktavia Carolina

Abstrak


ABSTRAK

 

Carolina, Oktavia. 2015. Hubungan Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Malang. Skripsi. Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Irtadji, M.Si (2) Drs. Mohammad Bisri, M.Psi .

 

Kata kunci : gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kepuasan kerja.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan PDAM Malang. Populasi berasal dari 382 karyawan dengan jumlah subjek atau sampel penelitian adalah karyawan PDAM Malang dengan jumlah responden 100 karyawan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala gaya kepemimpinan dengan reliabilitas 0,920, Skala motivasi kerja dengan reliabilitas 0,879 dan Skala kepuasan kerja dengan reliabilitas 0,929. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi bivariate  kendall’s tau b untuk menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja serta untuk menganalisis hubungan antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja. Sedangkan untuk  mengkorelasikan ketiga variabel tersebut menggunakan analisis regresi ganda.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel gaya kepemimpinan transaksional (X1) dengan kepuasan kerja (Y) dengan angka korelasi 0,453. Terdapat  hubungan positif dan signifikan antara variabel gaya kepemimpinan transformasional (X1) dengan kepuasan kerja (Y) dengan angka korelasi 0,474. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi kerja (X2) dengan kepuasan kerja (Y) dengan angka korelasi 0,587. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketiga variabel gaya kepemimpinan transaksional, motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan angka korelasi 0,756. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketiga variabel gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan angka korelasi 0,768.

Manajer di PDAM Malang diharapkan untuk menjaga konsistensi dalam memimpin karyawan  dengan gaya kepemimpinan transformasional. Dengan menggunakan gaya kepemimpinan tersebut dapat membuat karyawan menjadi lebih puas. Karena dalam sebuah organisasi pemimpin adalah orang yang berperan penting untuk keberlangsungan organisasi tersebut. Sedangkan untuk karyawan PDAM Malang diharapkan untuk meningkatkan motivasi kerjanya sehingga dapat membangkitkan semangat kerja karyawan untuk bekerja lebih baik sehingga seorang karyawan yang memiliki motivasi kerja yang tinggi akan mempengaruhi kepuasan kerja mereka menjadi lebih tinggi.