Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Followership dan Kompetensi Interpersonal dengan Komitmen Organisasi Karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Cabang Malang

Nuur Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Nuur. 2015. Hubungan antara Followership dan Kompetensi Interpersonal dengan Komitmen Organisasi Karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si., (II) Ninik Setiyowati, S. Psi, M. Psi.

 

Kata Kunci: followership, kompetensi interpersonal, komitmen organisasi, PT. Sumber Alfaria TrijayaTbk, Cabang Malang.

 

Penelitian ini didasari oleh adanya fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yaitu hamper setiap hari ada karyawan yang mengajukan pengunduran diri, kurang adanya perhatian karyawan terhadap permasalahan perusahaan, dan masih ada karyawan yang memiliki hubungan kurang harmonis dengan rekan kerja maupun atasan. Padahal perusahaan ini sedang melakukan persiapan untuk menghadapi tantangan MEA dan AFTA 2015 yang membutuhkan sikap positif karyawan selama bekerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara followership dan kompetensi interpersonal dengan komitmen organisasi karyawanPT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Cabang Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Populasi berasal dari 286 karyawan dengan jumlah sampel 157 karyawan. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportional stratified sampling. Menggunakan instrument penelitian skala followership dengan reliabilitas 0,896, skala kompetensi interpersonal dengan reliabilitas 0,897, dan skala komitmen organisasi dengan reliabilitas 0,868.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki followership tinggi 61,60% dan yang memiliki followership rendah 38,40%. Karyawan yang memiliki kompetensi interpersonal tinggi 61,90% dan karyawan yang memiliki kompetensi interpersonal rendah 38,10%. Karyawan yang memiliki komitmen organisasi tinggi 69,07% dan karyawan yang memiliki kompetensi interpersonal tinggi 30,93%. Terdapat hubungan positif signifikan antara followership dengan komitmen organisasi karyawan dengan angka korelasi 0,547. Terdapat hubungan positif signifikan antara kompetensi interpersonal dengan komitmen organisasi karyawan dengan angka korelasi 0,710. Terdapat hubungan positif signifikan antara followership dan kompetensi interpersonal dengan komitmen organisasi karyawan dengan angka korelasi 0,927.

Karyawan diharapkan untuk berperan lebih aktif dalam menyumbangkan pemikiran-pemikiran terhadap permasalahan di perusahaan serta lebih mengakrabkan diri dengan rekan kerja. Pimpinan diharapkan dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawan, sehingga karyawan tidak merasa begitu terbebani dengan deadline pekerjaan serta jam kerja yang padat.Selain itu juga berupaya untuk lebih meningkatkan kualitas karyawan dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan followership dan kompetensi interpersonal. Peneliti selanjutnya, apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat dapat menggunakan alat ukur yang telah dikembangkan oleh para ahli serta menambah variabel selain yang digunakan peneliti sebelumnya seperti kepuasan kerja, motivasi kerja, leadership dan organizational citizenship behavior.