Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Metode Pembelajaran Active Learning Teknik Project Base Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII Di SMP LPPU&K Lawang.

MELVIL HIKMATUL ARIMA

Abstrak


ABSTRAK

 

Arima, Melvil Hikmatul. 2015. Efektivitas Metode Pembelajaran Active Learning Teknik Project Base Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII Di SMP LPPU&K Lawang.Skripsi,Jurusan Psikologi,Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra.Hj. Sri Weni Utami M.Si, (II) Pravissi Shanti S.Psi. M.Psi.

 

Kata Kunci : metode active learning, project-based learning,motivasi belajar

 

Motivasi belajar merupakan dorongan baik dari dalam diri maupun dari luar memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai, akan tetapi tidak semua siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, hal ini terjadi di SMP LPPU&K Lawang. Siswa di SMP ini memiliki motivasi belajar yang rendah, para guru telah berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa akan tetapi hasil yang didapatkan tidak ada. Untuk itu, peneliti ingin meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP LPPU&K Lawang dengan memberikan metode pembelajaran Active Learning kepada siswa.  Metode active learning dengan teknik project-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia adalah pemberian materi Bahasa Indonesia  untuk siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan teknik project-based learning untuk melihat peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas metode active learning teknik project-based learning dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP LPPU&K Lawang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan Skala MBBI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran dan skala MBBI. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di SMP LPPU&K Lawang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif dan uji hipotesis menggunakan formula Wilcoxon Signed Ranks Test.

Hasil penghitungan uji hipotesis diketahui bahwa nilai Z = -3.518 dengan tingat signifikansi  sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Active Learning teknik Project Base Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII Di SMP LPPU&K Lawang.

Peningkatan Motivasi Belajar ini disesbabkan karena Subjek diajak untuk mengikuti proses belajar mengajar yang tidak monoton dan dalam Project-Based Learning subjek memusatkan diri terhadap adanya masalah yang mampu memotivasi serta mendorong subjek mengguanakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pokok pengetahuan yang telah mereka terima secara langsung.