Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Pendidikan Psikologi

Masarif A. Afandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Afandi, Masarif A. 2014. Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru di Fakultas Pendidikan Psikologi. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri WeniUtami, M. Si (II) Diantini Ida Viatri S. Psi, M.Si

 

Kata kunci : kemandirian, penyesuaiandiri, danmahasiswa

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Gambaran kemandirian mahasiswa baru di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri  Malang, (2). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa baru di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, (3). Hubungan kemandirian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif korelasional, karena penelitian ini dimaksutkan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan kemandirian dengan penyesuaian diri. Uji coba pada penelitian ini menggunakan 50 subjek dan pengambilan data sebanyak 54 subjek.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian pada kategori tinggi sebanyak 30 orang atau sebesar 55.56%, untuk kategori rendah sebanyak 24 orang atau sebesar 44.44%. dan pada penyesuaian diri kategori tinggi sebanyak 28 orang atau sebesar 51.85%, untuk kategori rendah sebanyak 26 orang atau sebesar 48.15%.

Berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Product Momentdari Pearson, diperoleh hasil yang tampak pada tabel, dengan koefisien korelasi = 0,777 dan  signifikansi = 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat hubungan antara kemandirian dengan penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2014 di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti, antara lain: (1) Bagi Orang Tua, Orang tua harus mampu menjadi teladan yang baik untuk anaknya dalam menerapkan kemandirian, (2) Bagi Mahasiswa, Sebagai manusia sosial, hendaknya mampu untuk mempelajari lingkungan disekitar agar tidak adakonflik yang terjadi pada diri maupun pada lingkungan, (3) Bagi Pimpinan Fakultas, Sebagai perguruan tinggi yang memberikan partisipasi yang besar terhadap perkembangan SDM (Sumber Daya Manusia) turut diperhatikannya juga penyesuaian diri dan kemandirian Mahasiswabaru agar terciptasuasana yang kondusif untuk melakukan belajar mengajar, (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, Dalam pemilihan teori yang akan dipakai dalam indicator haruslah benar-benar bagus, dikaren akan nanti akan mempengaruhi hasil dalam penelitian, kemudian cara membuat aitem-aitem pernyataan yang lebih cermat dan mengikuti kaidah penulisan pernyataan agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan tujuan dan harapan, dan penelitian ini masih dalam lingkup Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang penelitian selanjutnya bias mengembangkan lebih luas.