Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KONFORMITAS KELOMPOK SEBAYA DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMK PERSATUAN 2 TULANGAN

Mohammad Indra Alfanani

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfanani, Mohammad Indra. 2014. Hubungan antara Konsep Diri dan Konformitas Kelompok Sebaya dengan Perilaku Merokok Remaja Di SMK Persatuan 2 Tulangan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si (II) Ike Dwiastuti S,Psi M,si psikolog.

 

Kata kunci : konsep diri, konformitas, perilaku merokok

 

Konsep diri didefinisikan secara umum sebagai keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang, perasaan dan pemikiran individu terhadap dirinya. Konfromitas adalah bentuk kecenderungan seseorang untuk menyesuaikan diri dan memberikan perhatianya kepada kelompok. Perilaku merokok adalah aktivitas menghisap atau menghirup asap rokok dengan menggunakan pipa atau rokok yang dilakukan secara menetap.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep diri siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (2) Mengetahui konformitas siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (3) Mengetahui tingkat perilaku siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (4) Hubungan antara konsep diri dengan perilaku merokok siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (5) hubungan antara konformitas kelompok sebaya dengan merokok siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (6) hubungan antara antara konsep diri dan konformitas kelompok sebaya pada perilaku merokok siswa kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini dilakukan di siswa SMK Persatuan 2 Tulangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa perokok kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan. Dalam pengambilan  sampel, peneliti mengambil 60 anggota yang sesuai dengan karakteristik penelitian dengan menggunakan teknik insidental sampling.

Hasil penelitian menunjukan siswa perokok kelas X SMK Persatuan 2 Tulangan (1) memiliki konsep diri dalam tingkatan yang rendah (2) memiliki tingkat konformitas dalam kategori sangat tinggi (3) memiliki tingkat perilaku merokok dalam kategori sangat tinggi (4) tidak Terdapat hubungan antara variabel konsep diri dengan  perilaku merokok, dengan nilai r = - 0,152 dengan signifikansi 0,245 > 0,05 (5) Terdapat hubungan positif antara variabel konformitas kelompok sebaya dengan perilaku merokok, dengan nilai r = 0,706 dengan signifikansi 0,000 (6) Terdapat hubungan antara konsep diri, konformitas kelompok sebaya dengan perilaku merokok, dengan nilai r = 0,709 (p = 0,000 < 0,05).