Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FILM TERHADAP PENINGKATAN EMPATI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

NINDA ATIKA SUKMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

Sukmawati, Ninda, Atika. 2014. Pengaruh Film Terhadap Peningkatan Empati Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd

(II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : Empati , Film

Sesuai dengan salah satu tujuan dan motivasi utama pendidikan psikologi yaitu menunjukkan kepekaan terhadap manusia dan menolong orang lain maka empati dibutuhkan sebagai komponen dasar untuk mencapai tujuan tersebut. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut belum sepenuhnya dikuasai oleh mahasiswa psikologi (Viorensika, 2013). Empati ternyata dapat ditingkatkan melalui pelatihan intrapersonal, role-play dan modeling seseorang dengan empati yang tinggi (Stepien&Baernstein,2006). Dalam budaya saat ini dimana tayangan audio visual lebih mudah diakses dan disajikan dalam berbagai sarana,film dapat menjadi sebuah media yang memberikan contoh konkrit bagaimana empati diterapkan.

Empati merupakan sebuah konstruk multidimensional yang terdiri dari komponen kognitif dan afektif. Komponen kognitif merefleksikan kemampuan mengidentifikasi dan memahami perspektif orang lain, sementara komponen emosional ditandai dengan kecenderungan untuk merasakan simpati atau kepedulian terhadap orang lain(Davis,1983), sedangkan film adalah karya seni budaya yang merupakan pranata sosial dan media komunikasi massa yang dibuat berdasarkan kaidah sinematografi dengan atau tanpa suara dan dapat dipertunjukkan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pengaruh dari pemberian treatment film terhadap peningkatan empati mahasiswa psikologi.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta program strata satu Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2014. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan pembagian 25 orang adalah kelompok eksperimen dengan pemberian treatment film dan 25 orang adalah kelompok kontrol tanpa pemberian treatment. Instrumen yang digunakan untuk mengukur empati adalah Interpersonal Reactivity Index. Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah dengan analisis data deskriptif statistik dan uji komparasi dengan two independent sample test Mann-Whitney U.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari pemberian treatment film terhadap peningkatan empati pada mahasiswa psikologi .Nilai signifikansi uji komparasi pada nilai konsentrasi dua kelompok eksperimen tersebut menunjukkan nilai di tiap aspeknya berada dalam rentang 0,073-0,679  (