Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pesan Subliminal Dalam Iklan Rokok Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Merokok

Wahyu Puji Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Wahyu Puji. 2014. Pesan Subliminal Dalam Iklan Rokok Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Merokok. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Fattah Hanurawan M.Si, M.ed. (II) Diyah Sulistyorini, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci : pesan subliminal, iklan rokok, perilaku merokok remaja.

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pesan subliminal iklan rokok dalam perubahan perilaku merokok remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara semi terpimpin, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling menggunakan accidental sampling. Subjek penelitian adalah siswa SMP PGRI 02 Lawang yang berjumlah 6 remaja laki-laki yang bernama AM, IH, RAP, EF, LA dan MFA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi metodologi yang menggabungkan antara observasi, wawancara semi terpimpin dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 3 remaja dari 6 remaja yang bersekolah di SMP PGRI 02 yang terpengaruh oleh pesan subliminal dalam iklan rokok. Pengaruh yang lebih besar datang dari lingkungan teman sebaya dan keluarga. Dengan demikian secara meyakinkan dapat dikatakan bahwa pesan subliminal dalam iklan rokok tidak berpengaruh terhadap perubahan perilaku merokok pada remaja.

Hasil penelitian ini diharapkan mampu memicu adanya penelitian tentang pesan subliminal yang terkandung dalam iklan rokok di Indonesia pada umumnya. Selain itu adanya penelitian ini diharapkan mampu mengurangi jumlah perokok pada masa remaja dan bagi masyarakat menjadi sedikit peduli terhadap nasib remaja yang merupakan pendukung dan pemikul tanggung jawab di masa depan. Serta menciptakan masyarakat yang sadar akan pertumbuhan remaja ke arah dewasa dimana terkadang remaja sering menirukan tingkah laku orang dewasa di sekitar mereka dan akibat dari kondisi ini dapat menimbulkan pengaruh buruk dalam pembentukan kebiasaan sehingga tidak menutup kemungkinan timbulnya suatu penyimpangan tingkah laku yang kelak dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.