Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS PEER GROUP DENGAN SIKAP MEROKOK PADA MAHASISWA PEROKOK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Lusi Septiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiyanti, Lusi. 2014. Hubungan Antara Konformitas Peer Group dengan Sikap Merokok pada Mahasiswa Perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Fattah Hidayat, S.Psi, M.Psi (II) Farah Farida Tantiani, S.psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Konformitas Peer Group, Sikap Merokok, Mahasiswa Perokok Fakultas Kedokteran.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran konformitas peer group pada mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, (2) gambaran sikap merokok pada mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, (3) hubungan antara konformitas peer group dengan sikap merokok mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Dalam pengambilan  sampel, peneliti mengambil 60 mahasiswa yang sesuai dengan karakteristik penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala konformitas peer group dengan validitas berkisar antara 0.359-0.876 dengan reliabilitas 0,964. Skala sikap terhadap rokok dengan validitas berkisar 0,325-0,720 dengan realibilitas 0,869. Validitas pada alat pengumpul data dievaluasi menggunakan validitas konstruk dan penghitungan dengan rumus Pearson Product Moment. Reliabilitas alat tes diperoleh menggunakan rumus Alpha Cronbach.

Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Pearson Correlation dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara konformitas peer group dengan sikap merokok pada mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dengan r = 0,642 dan p = 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai korelasi, variabel dikatakan berpengaruh karena nilai signifikannya lebih kecil atau sama dengan 0,05 (sig. < 0,05).

Manfaat dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa dapat memilih lingkungan peer group yang positif, dan dapat lebih mempedulikan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Dan berdasarkan hasil penelitian, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas peer group dengan sikap merokok pada mahasiswa perokok Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, dapat disarankan agar mahasiswa dapat memilih lingkungan peer group yang memberikan pengaruh positif  terhadap mahasiswa, dan mahasiswa diharapkan lebih mempedulikan bahaya merokok, sehingga dapat membentuk diri agar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri, maupun lingkungan sekitar.