Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kearifan pada Lansia ditinjau dari Jenis Pekerjaan Person Oriented dan Nonperson Oriented di Masa Lalu di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Mutiara Ramadhona

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhona, Mutiara. 2014. Perbedaan Kearifan pada Lansia ditinjau dari Jenis Pekerjaan Person Oriented dan Nonperson Oriented di Masa Lalu di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Fattah Hidayat, S. Psi, M.Si, (II) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : Kearifan, jenis pekerjaan, lansia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran tingkat kearifan lansia pada lansia yang bekerja dengan jenis pekerjaan person oriented di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, (2) gambaran tingkat kearifan lansia pada lansia yang bekerja dengan jenis pekerjaan nonperson- oriented di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, (3) perbedaan antara kearifan lansia ditinjau dari jenis pekerjaan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Analisis komparatif menggunakan independent samples t-test. Pengumpulan data menggunakan skala kearifan. Pengambilan sampel menggunakan metode purpossive sampling. Try out dilakukan di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan menggunakan 41 subjek. Penelitian menggunakan 35 subjek lansia yang dulunya bekerja dengan jenis pekerjaan person oriented dan 35 subjek lansia yang dulunya bekerja dengan jenis pekerjaan nonperson-oriented yang tinggal di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Validitas aitem untuk variabel kearifan terdiri dari 29 aitem dengan reliabilitas 0,735.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lansia yang bekerja dengan jenis pekerjaan person oriented di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang memiliki tingkat kearifan yang sedang, (2) lansia yang bekerja dengan jenis pekerjaan nonperson oriented di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang memiliki tingkat kearifan yang sedang, (3) ada perbedaan antara lansia dengan jenis pekerjaan person oriented dan nonperson-oriented di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan lansia berkeinginan untuk terus meningkatkan interaksi dengan orang lain untuk mengembangkan kearifan.