Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Metode Focus Group Discussion Dalam Memberikan Informasi Tentang Pemilu Untuk Meningkatkan Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Pemilu Di Universitas Pesantren Darul Ulum Jombang

Ari Puji Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan. Ari Puji. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Focus Group Discussion Dalam  Memberikan  Informasi  Tentang  Pemilu  Untuk  Meningkatkan  Persepsi Pemilih  Pemula  Terhadap  Pemilu  Di  Universitas  Pesantren  Darul  Ulum Jombang. Skripsi,  Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistyorini, S.Psi, M.Psi (II) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci:  focus group discussion,  informasi pemilu, persepsi pemilih pemula terhadap pemilu.

 

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengungkap  Pengaruh  Penggunaan Metode  Focus Group Discussion  dalam Memberikan  Informasi Tentang  Pemilu untuk  Meningkatkan  Persepsi  Pemilih  Pemula  terhadap  Pemilu  di  Universitas Pesantren  Darul  Ulum  Kabupaten  Jombang.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan penelitian quasi eksperimen,one group pretest-posttest  design.  Analisis  uji  beda  dilakukan  dengan  bantuan  perangkat lunak  SPSS  I.B.M  for MS Windows  versi  19.0  dengan  rumus  analisis  statistic parametrik paired sample  t-test. Variabel bebas penggunaan metode  focus group discussion  dalam  memberikan  informasi  tentang  pemilu  dan  variabel  terikat persepsi pemilih pemula terhadap pemilu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pesantren Darul Ulum Jombang yang  telah memiliki hak pilih dalam pemilu  sebanyak  35  orang  mahasiswa.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan adalah skala persepsi pemilih pemula terhadap pemilu. Treatment yang dilakukan menggunakan modul panduan penggunaan  tekhnik focus group discussion dalam memberikan  informasi  tentang  pemilu.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa penggunaan metode focus group discussion dalam memberikan informasi tentang pemilu memiliki pengaruh untuk meningkatkan persepsi pemilih pemula terhadap pemilu di universitas pesantren darul ulum jombang (p=0,000, sig< 0,05).

Di  samping  itu,  bagi  peneliti  selanjutnya  bisa  melakukan  tindak  lanjut penelitian dengan membuat inovasi metode dalam memberikan informasi tentang pemilu  terhadap  pemilih  pemula  agar  persepsi  pemilih  pemula  terhadap  pemilu lebih  meningkat  secara  positif.  Hasil  penelitian  ini  juga  diharapkan  dapat digunakan  sebagai  tambahan  serta  masukan  kepada  pemerintah  yang  secara khusus  di wakili  oleh Komisi  Pemilihan Umum  dalam  proses  penyelenggaraan pemilu  di  Indonesia  khususnya  dalam  pemberian  edukasi  tentang  pemilu  agar pemilih yang masih memiliki persepsi positif rendah semakin meningkat sehingga penyelenggaraan  pemilu  ini  berjalan  dengan  maksimal  dengan  ikutsertanya seluruh  pemilih  pemula  dalam  berpartisipasi  saat  pemilu  ,  sehingga  partisispasi politik tidak menurun atau berkurang.