Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Interpersonal Skill Training untuk Meningkatkan Keterampilan Relasi Antarpribadi Pada Siswa SMK Negeri 2 Malang Jurusan Keperawatan.

Riska Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Riska. 2014. Efektivitas Interpersonal Skill Training untuk Meningkatkan Keterampilan Relasi Antarpribadi Pada Siswa SMK Negeri 2 Malang Jurusan Keperawatan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Prastuti, M. Si. (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: interpersonal skill training, keterampilan relasi antarpribadi, siswa SMK

 

Siswa SMK merupakan peserta didik jenjang pendidikan menengah atas yang disiapkan menjadi pribadi siap kerja dan jika diitinjau dari segi perkembangannya berada pada masa remaja akhir. Pada masa ini sering para remaja mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan pemberian pelatihan bagi siswa SMK untuk mengembangkan keterampilan relasi antarpribadi, dan salah satunya adalah Interpersonal Skill Training.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Interpersonal Skill Training untuk meningkatkan keterampilan relasi antarpribadi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan relasi antarpribadi siswa SMK Negeri 2 Malang secara lebih maksimal.

Penelitian ini menggunakan rancangan Eksperimen Kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keterampilan relasi antarpribadi yang dikembangkan oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Malang Negeri 2 Malang Jurusan Keperawatan dengan total subjek 12 siswa.

Analisis yang digunakan adalah Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interpersonal Skill Training efektif untuk meningkatkan keterampilan relasi antarpribadi Pada Siswa SMK Negeri 2 Malang.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi remaja: diharapkan mampu mempertahankan dan mengembangkan keterampilan relasi antarpribadi yang dimilikinya. (2) Bagi sekolah: diharapkan untuk memfasilitasi siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial (soft skill) peserta didiknya. (4) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat menggunakan desain penelitian yang lebih sempurna dan menggunakan subjek penelitian yang lebih luas.