Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Identitas Etnik Terhadap Keputusan Memilih Produk oleh Mahasiswa Etnis Batak di Kota Malang

Indra Zakaria

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakaria, Indra. 2014. Pengaruh Identitas Etnik Terhadap Keputusan Memilih Produk oleh Mahasiswa Etnis Batak di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: identitas etnik, keputusan memilih produk, etnis Batak

 

Pengambilan keputusan merupakan tahapan yang melibatkan proses kognitif dan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor lingkungan dan kelompok sosial (in group dan out group). Individu cenderung akan mengidentifikasikan dirinya dalam kelompok-kelompok sosial yang disebut sebagai identitas sosial. Salah satu bentuk identitas sosial adalah identitas etnik. Di dalam pemahaman identitas etnik, terdapat sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan norma kelompok serta harapan yang kemudian dibagi bersama kelompoknya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh identitas etnik terhadap keputusan memilih produk. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan  keputusan memilih produk oleh mahasiswa etnis Batak yang mendapat perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan menggunakan bahasa Indonesia; 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh identitas etnik terhadap pengambilan keputusan dalam memilih sebuah produk oleh mahasiswa etnis Batak.

Penelitian ini menggunakan dua rancangan penelitian, yakni penelitian eksperimen dan non eksperimen. Pada penelitian eksperimen subjek dibagi menjadi dua kelompok dan diberi perlakuan yang berbeda. 30 subjek dalam kelompok eksperimen diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Batak dan 30 subjek dalam kelompok kontrol diberi perlakuan penjualan produk dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pembanding bagi kelompok eksperimen. Setelah itu 60 subjek (kelompok eksperimen dan kontrol) mengisi skala identitas etnik dan keputusan memilih produk. Analisis data pada penelitian eksperimen menggunakan uji independent sample t test, sedangkan data pada penelitian non eksperimen menggunakan uji regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ekperimental menunjukkan nilai signifikansi t sebesar 0,002 (p=0,002