Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

konsep diri mahasiswa yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial

Putri Ayu Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Putri Ayu. 2014. Konsep Diri Mahasiswa Yang Berprofesi Sebagai Pekerja Seks Komersial. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi,M.Psi, (II)Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Konsep diri, mahasiswa, pekerja seks komersial.

 

Dunia pendidikan merupakan suatu gambaran dunia yang penuh dengan ilmu, melatih keterampilan, dan pengetahuan yang outputnya diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.Disamping itu dibalik suatu citra kehidupan kampus sebagai sarana dan prasarana dalam membina dan pembentukan identitas, ternyata kampus juga menyembunyikan sisi gelap dari dinamikanya yaitu sebuah prostitusi yang dijalankan oleh mahasiswa.Banyak sebab yang melatar belakangi mahasiswa yang menjadi pekerja seks komersial salah satunya adalah pengaruh lingkungan sosial. Lingkungan sosial memegang peranan penting terhadap pembentukan perilaku/sikap seseorang. Konsep diri berhubungan erat dengan faktor terkuat dalam meramalkan rasa percaya diri, rendahnya rasa percaya diri hanya menyebabkan rasa tidak nyaman secara emosional yang bersifat sementara dan bisa berdampak permanen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Studi kasus adalah pendekatan yang digunakan dengan tujuan untuk mempelajari, mengetahui dan memahami konsep diri mahasiswa yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi kepada subjek dan significant other. Data kemudian di analisa dengan menggunakan analisa tematik. Penggunaan analisis tematik memungkinkan peneliti menemukan pola yang tidak dapat dilihat dengan jelas oleh peneliti lain. Subjek yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, semuanya berstatus mahasiswa universitas di Malang dan significant other juga 3 orang, yang masing – masing dipilih oleh peneliti.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa dilema psikologis yang dialami oleh mahasiswa yang berprofesi sebagai ayam kampus sangat beragam, namun yang paling jelas adalah perasaan tidak aman karena takut jika orang lain mengetahui profesi yang sebenarnya dan tidak bisa menerima kondisi tersebut. Sedangkan konsep diri pada mahasiswa yang berprofesi sebagai psk cenderung negatif, yang paling sering ditemui adalah sensitif terhadap kritikan yang diterima. Peran keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk pembentukan konsep diri yang lebih baik.

Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada ini mahasiswa yang berprofesi sebagai psk, dengan adanya penelitian ini hendaknya lebih mengerti bahwa perasaan-perasaan tidak aman, menyesal, cemas dan gelisah dapat berpengaruh terhadap perkembangan konsep diri kedepannya. Sedangkan untuk peneliti lain, diharapkan mampu melakukan penelitian yang lebih mendetail agar hal-hal yang tidak dapat terungkap melalui penelitian ini dapat diperoleh dengan lebih baik, serta pemillihan subjek yang lebih beragam sehingga dapat menggambarkan keunikan dari masing-masing subjek.