Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebutuhan Cinta dan Memiliki (Love and Belonging Need) pada Pecandu Permainan Video

Rega Audia

Abstrak


ABSTRAK

 

Audia, Rega. 2014. Kebutuhan Cinta dan Memiliki (Love and Belonging Need) pada Pecandu Permainan Video. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed, (2) Indah Y. Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : kebutuhan cinta dan memiliki, pecandu, permainan video.

 

Kebutuhan Cinta dan Memiliki (Love and Belonging Need) pada Pecandu Permainan Video. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kebutuhan para pecandu permainan video terhadap rasa cinta dan memiliki mereka. Model yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observer sebagai partisipan dan juga kuisioner terbuka. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik analisis fenomenologi. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik member check. Penelitian dilaksanakan di Kota Malang dengan partisipan sebanyak 4 orang yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan para pecandu video game terhadap cinta dan rasa memiliki sudah cukup terpenuhi. Mereka mampu memenuhi kebutuhan akan kasih sayang dari teman, pasangan dan keluarga secara baik. Permainan video hanya mereka gunakan sebagai sarana untuk memperluas kebutuhan tersebut. Permainan video hanya memberikan kepuasan akan kebutuhan kasih sayang dengan teman-teman sebaya. Sedangkan kepuasan akan hubungan dengan pasangan dan keluarga, permainan video kurang bisa memberikan. Partisipan membutuhkan kasih sayang dari pasangan secara lebih nyata atau dengan kehadiran secara fisik. Kemudian pada hubungan dengan keluarga, permainan video tidak bisa memberikan kepuasan akan kebutuhan cinta dan memiliki dari partisipan.

Penelitian ini diharapkan mampu untuk memberikan masukan kepada para pecandu permainan video. Para pecandu permainan video dituntut untuk dapat memberikan perhatian atau kasih sayang mereka kepada orang lain. Bukan sekedar meminta perhatian dari mereka saja, tetapi harus ada timbal balik. Bagi orang tua dari pecandu permainan video, diharapkan mampu untuk memberikan kasih sayangnya dengan lebih baik. Orang tua harus mengerti apa yang diinginkan oleh anak, sehingga sang anak tidak akan mencari pelarian untuk mendapatkan pemuas kebutuhannya. Hubungan antara peneliti dan partisipan di dalam penelitian ini dirasa kurang kuat. Untuk peneliti lain yang ingin meneliti hal ini, diharapkan mampu untuk menjalin hubungan yang kuat kepada partisipan agar data yang diperoleh semakin kaya dan  baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACK

 

Audia, Rega. 2014. Need Love and Belonging in Video Game Addict. Thesis, Department of Psychology, Faculty of Educational Psychology, State University of Malang. Supervisor: (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed, (2) Indah Y. Suhanti, S. Psi, M. Psi.

 

Key word : need of love and belonging, addict, video game.

 

Need Love and Belonging in Video Game Addict. The purpose of this study was to determine the video game addict’s need of love and belonging. The method used in this study is phenomenology. Collecting data using in-depth interviews, observer as participant, and open questionnaire. And, this study also used analytical technique phenomenology as a technical  analysis. Validation used in this study is member check. The study was conducted in Malang with 4 participants who all male.

The result showed that need of love and belonging of video game addict has been adequately met. They are able to meet the need for love of friends, couples and families as well. Video game is one of ways to expand these needs. The video game just satisfy the need for affection with peers. Participants need affection of the couple in a more tangible or physical presence. Then in relationships with family, video games can not satisfy the need for love and belonging of participants.

This research is expected to be able to provide input to a video game addicts. The video game addicts are required to be able to give their attention or affection to others.  Not just asking for attention from them, but there must be a reciprocal. For parents of addicts video games, should be able to provide better affection. Parents need to understand what is desired by the child, so the child will not be looking for an escape to get satisfying their needs. The relationship between the researcher and the participants in this study is less strong. For other researchers who want to investigate this, should be able to establish a strong relationship to the participants so the data obtained is more richer and better.