Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Penalaran Moral ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Umum dan Agama pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Abdul Gani

Abstrak


ABSTRAK

 

Gani, Abdul. 2014. Perbedaan Penalaran Moral ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Umum dan Agama pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed., (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: penalaran moral, latar belakang pendidikan umum dan agama

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penalaran moral mahasiswa berlatar belakang pendidikan umum, deskripsi penalaran moral rmahasiswa berlatar belakang pendidikan agama, serta perbedaan penalaran moral ditinjau dari latar belakang pendidikan umum dan agama pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan komparatif. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis uji beda yang dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik independent sampel t test. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penalaran moral dan variabel bebasnya adalah latar belakang pendidikan umum dan agama. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2013/2014 sebanyak 51 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penalaran moral dengan jumlah item valid 20 item dengan tingkat reliabilitas 0,983. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penalaran moral ditinjau dari latar belakang pendidikan umum dan agama (p=0,014, sig< 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian ini, pihak Universitas Negeri Malang khususnya Fakultas Pendidikan Psikologi diharapkan dapat memberikan pembinaan untuk meningkatkan penalaran moral mahasiswa. Di samping itu, bagi peneliti selanjutnya bisa melakukan tindak lanjut penelitian dengan menambah variabel dan populasi penelitian.