Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Kebutuhan Remaja Metalhead Komunitas Underground Pasuruan Society Menurut Teori Kebutuhan Henry Murray.

Yohanes Dedi Kristanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristanto, Yohanes Dedi. 2014. Profil Kebutuhan Remaja Metalhead Komunitas Underground Pasuruan Society Menurut Teori Kebutuhan Henry Murray. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: kebutuhan, remaja, metalhead.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan individu metalhead dalam komunitas Underground Pasuruan Society (UPASS) melalui tinjauan teori kepribadian Henry Murray. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik random. Subjek penelitian berjumlah 3 orang dengan karakteristik remaja metalhead kisaran umur 12-21 tahun dan mengikuti komunitas UPASS. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu significant other dan tes EPPS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja metalhead memiliki kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam teori kepribadian Henry Murray, namun tidak semua kebutuhan tersebut muncul. Kebutuhan yang muncul yaitu: need of abasement, need of achievement, need of affiliation, need of aggression, need of counteraction, need of defendance, need of exhibition, need of inavoidance, need of nurturance, need of play, need of rejection, need of sex, need of understanding. Sedangkan untuk kebutuhan yang dominan atau menonjol muncul yaitu: need of affiliation, need of aggression, need of defendance, need of exhibition, need of play, need of rejection. Kebutuhan remaja metalhead tersebut berkaitan satu dengan yang lainnya, jadi meskipun terdapat kebutuhan yang dominan namun kebutuhan lainnya masih memiliki peran yang penting dalam pembentukan kepribadian remaja metalhead. Selain itu, ciri-ciri masa remaja bisa juga menjadi aspek yang berpengaruh dalam perkembangan kepribadian dari remaja metalhead.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dikemukakan adalah (1) Memberikan kesadaran bagi peneliti lain untuk terus menggali fenomena psikologi dalam lingkungan dan menerapkan teori kebutuhan, khususnya teori kebutuhan dari Henry Murray, dan agar dapat meningkatkan kualitas penelitian (2) Hasil dari penelitian ini juga diharapkan penelitian ini dapat menuntun remaja metalhead untuk menemukan jati diri dan dapat menemukan peran dalam masyarakat luas. (3) Orang tua remaja metalhead lebih memperhatikan anaknya yang masuk dalam dunia metal supaya dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perkembangan anaknya saat remaja dan beranjak dewasa karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tema lirik-lirik musik metal cenderung memberikan dorongan negatif jika dikonsumsi mentah-mentah tanpa adanya pemahaman oleh remaja metalhead. (4) Masyarakat luas dapat memberikan atau membuka pandangan untuk remaja metalhead dan dapat menilai sendiri pribadi dari sosok remaja metalhead.