Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Religiusitas Pada Remaja Pecinta Musik Black Metal di Kabupaten Malang.

Arya Krisnanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisnanda, Arya. 2014. Persepsi Religiusitas Pada Remaja Pecinta Musik Black Metal di Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci: persepsi, religiusitas, remaja pecinta musik Black Metal, di Kabupaten Malang.

 

Aliran musik Black Metal sejak dahulu selalu lekat dengan ajaran satanisme. Begitu pula dengan apa yang sering dilakukan oleh para pemusik dan penikmatnya ketika berada di dalam sebuah pagelaran musik Underground. Hal-hal yang sulit diterima oleh logika sering dilakukan oleh pemusik ataupun penonton seperti menggigit kepala binatang hingga putus, menyalakan dupa, hingga bermain-main dengan darah sering terjadi. Dan aliran musik Black Metal merupakan suatu aliran musik yang digemari dan berkembang pesat di kalangan remaja di daerah Kabupaten Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi para remaja pecinta musik Black Metal, baik remaja yang hanya menikmati musiknya ataupun remaja yang aktif bermusik aliran tersebut terhadap nilai-nilai religiusitas berdasarkan dimensi-dimensi religiusitas itu sendiri. Partisipan untuk penelitian kali ini menggunakan remaja dengan batasan usia sesuai dengan teori dari Hurlock.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis atau rancangan fenomenologi. Jenis rancangan ini memungkinkan peneliti untuk memahami esensi tentang pengalaman dunia terdalam individu (inner world) tentang fenomena berdasarkan perspektif individu itu sendiri. Pelaksanaan penelitian fenomenologi ini didahului dengan melakukan observasi selama kurang lebih tiga bulan untuk mendapatkan partisipan yang sesuai kriteria yakni hadir minimal tiga kali setiap bulannya selama tiga bulan berturut-turut dan akhirnya peneliti mendaatkan tiga orang partisipan yang sesuai dengan kriteria. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi. Data yang diperoleh dari wawancara kemudian dikoding untuk memudahkan dalam analisis.

Pertanyaan dari wawancara ini disusun dengan menggabungkan aspek-aspek persepsi menurut Alport (dalam Mar’at, 1991) yakni aspek kognitif, afektif, dan konatif dengan dimensi-dimensi religiusitas menurut teori Glock dan Stark (dalam Ancok, 2005) yakni dimensi keyakinan, dimensi praktik, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan, dan dimensi konsekuensi.

Hasil annalisis dengan metode analisis fenomenologi beserta sumber data lain berupa observasi yang dilakukan oleh meneliti menghasilkan sebuah sebuah kesimpulan yakni remaja pecinta musik Black Metal di Kabupaten Malang masih mempersepsikan religiusitas sebagai hal esensial yang harus dimiliki oleh semua individu tak terkecuali mereka sendiri dan orang-orang yang memiliki kesamaan minat dengan mereka.