Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Alienasi Politik dengan Intensi Golput pada Mahasiwa Anggota BEM Universitas Negeri Malang

Gebi Angelina Zahra

Abstrak


ABSTRAK

 

Zahra, Gebi Angelina. 2014. Hubungan Alienasi Politik dengan Intensi Golput pada Mahasiwa Anggota BEM Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Alienasi Politik, Intensi, Intensi Golput, Mahasiswa Anggota BEM.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan alienasi politik dengan intensi golput pada mahasiswa anggota BEM. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui alienasi politik dan intensi golput pada mahasiswa anggota BEM . Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional.Alat Pengumpul data pada penelitian ini adalah questionnaire. Validitas pada alat pengumpul data dievaluasi menggunakan validitas konstruk dan penghitungan dengan rumus Pearson Product Moment. Reliabilitas alat tes peroleh menggunakan rumus alfa crobach dengan koefisien 0,888. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik multinomial dengan bantuan SPSS.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara alienasi politik dengan intensi  golput pada mahasiswa anggota BEM Universitas Negeri Malang dengan koefisien korelasi 0,852. Kondisi ini sesuai dengan teori alienasi politik dan teori intensi. Pada teori ini dikemukakan bahwa alienasi sebagai sikap merupakan faktor alienasi politik.

Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar bisa melakukan pengukuran lebih baik lagi dengan meningkatkan validitas dan reliabilitas alat tes. Selain itu diharapkan pula agar peneliti selanjutnya mengurangi kalimat negatif pada aitem unfavorable serta meningkatkan reliabilitas pada indikator political powerless.