Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Iklim Organisasi dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Anggota Organisasi Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Mochamad Hilmi Budiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiawan, Mochamad Hilmi. 2014. Pengaruh Iklim Organisasi dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Anggota Organisasi Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : Iklim Organisasi, keterlibatan kerja, kinerja, anggota organisasi mahasiswa.

 

Kinerja merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi. Salah satu faktor eksternal yang memegang peranan besar dalam mempengaruhi kinerja seorang anggota organisasi adalah iklim organisasi. Iklim Organisasi adalah persepsi karyawan terhadap lingkungan organisasi dimana karyawan melaksanakan pekerjaan mereka, yang dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan salah satu faktor internal yang mempengaruhi kinerja anggota organisai adalah keterlibatan kerja. Keterlibatan kerja adalah tingkat dimana seorang karyawan berpartisipati aktif dan memberi kontribusi dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan keterlibatan kerja terhadap kinerja anggota organisasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan analisis regresi berganda. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 anggota organisasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kinerja sebanyak 29 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,940, skala iklim organisasi yang terdiri dari 29 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,902, dan skala keterlibatan kerja terdiri dari 28 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,900.

Hasil penelitian adalah (1) Tingkat kinerja anggota organisasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dalam kategori tinggi.  (2) Tingkat persepsi anggota organisasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang terhadap iklim organisasi yang berlaku dalam kategori tinggi. (3)  Tingkat keterlibatan kerja anggota organisasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dalam kategori rendah. (4) Iklim organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja anggota organisasi dengan nilai beta 0,348. (5) Keterlibatan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja anggota organisasi dengan nilai beta 0,502. (6) Iklim organisasi dan keterlibatan kerja secara bersama - sama memiliki pengaruh terhadap kinerja anggota organisasi R square 0,590.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah:1) bagi organisasi mahasiswa terkait untuk menitik beratkan pengamatan terhadap keterlibatan kerja dari para anggotanya dalam menerapkan kebijakan. 2) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan variabel-variabel bebas lainnya, memperluas populasi penelitian dalam berbagai macam lingkup organisasi mahasiswa  dan memperkaya referensi penunjang penelitian dengan teori yang lebih spesifik mengenai teori organisasi kemahasiswaan.