Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Pemilihan Peminatan Pada Mahasiswa Di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Choiril Zakaria

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakaria, Choiril. 2014. Motivasi Pemilihan Peminatan Pada Mahasiswa Di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M.Ed (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: mahasiswa, motivasi, pemilihan peminatan.

 

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik di universitas, institut, ataupun akademi. Motivasi adalah suatu proses dimana seseorang melakukan suatu tindakan dalam upayanya untuk memenuhi suatu kebutuhan. Dengan pemilihan yang berdasar kepada motivasi ini menjadikan seorang mahasiswa mampu untuk memilih peminatan mana yang menjadi prioritasnya. Perilaku tersebut akan mengarah ke tercapainya tujuan dari mahasiswa tersebut dengan cara memilih salah satu peminatan yang sudah disediakan. Motivasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah motivasi yang didasarkan kepada teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang merupakan mahasiswa aktif semester lima di Fakultas Pendidikan Psikologi. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner terbuka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif sebagai pendekatannya serta triangulasi untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode yang dibagi menjadi dua strategi. Pertama pengecekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian dengan beberapa teknik pengumpulan data dan kedua pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama.

Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dalam pengambilan peminatan pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi menunjukkan bahwa semua subjek memiliki motivasi kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman dalam memilih peminatan, empat subjek memiliki motivasi kebutuhan memiliki dan dicintai memilih peminatan, dua subjek memiliki motivasi kebutuhan penghargaan diri dalam memilih peminatan di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Namun kelima subjek tidak memiliki motivasi kebutuhan aktualisasi diri dalam peminatan di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Adapun saran yang dapat diajukan terkait dengan temuan dalam penelitian ini adalah untuk mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi yang akan mengambil peminatan hendaknya mengetahui potensi diri yang dimiliki sehingga mampu untuk memaksimalkannya. Tujuannya agar motivasi yang dipunyai dalam peminatan terus ada hingga semester terakhir. Bagi Fakultas Pendidikan Psikologi hendaknya mempunyai program khusus dalam menentukan peminatan mahasiswa, Bagi peneliti lain yang ingin meneliti kembali tentang motivasi pemilihan peminatan psikologi, diharapkan peneliti selanjutnya lebih terfokus pada salah satu peminatan sehingga dalam satu peminatan bisa dibandingkan motivasi satu dengan yang lain.