Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ego Transcendence pada anggota Majelis Ta’lim As-Sakinah yang telah Lanjut Usia

RANGGA DWIRIAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwirian, Rangga. 2014. Ego Transcendence pada anggota Majelis Ta’lim As-Sakinah yang telah Lanjut Usia. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Ego Transcendence, Majelis Ta’lim, Lanjut Usia.

 

Memasuki fase lanjut usia atau masa tua ini, setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi masa tuanya. Beberapa kegiatan Lanjut usia yaitu kegiatan fisik, mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan berinteraksi dengan orang lain. Selain itu mengikuti aktivitas spiritual yaitu dengan menghadiri acara-acara keagamaan juga merupakan bentuk-bentuk dari aktivitas yang dilakukan oleh Lanjut usia. Dalam tugas perkembangan lansia menurut Erickson dalam (Pecks, 1955) selain mempersiapkan diri untuk kondisi yang menurun, mempersiapkan diri untuk pensiun, membentuk hubungan baik dengan orang seusianya, salah satu yang menarik peneliti yaitu persiapan dalam menghadapi kematian. Menurut (Peck’s, 1955) mempersiapkan diri dalam menghadapi kematian yaitu disebut dengan  Ego-Transcendence.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Ego Transcendencepada Majelis Ta’lim yang telah lajut usia.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologis. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik.

Subjek pada penelitian ini adalah ibu-ibu sebanyak 3 subjek yang merupakan anggota Majelis Ta’lim As-Sakinah yang telah Lanjut Usia. Masing-masing subjek merupakan Lanjut Usia yaitu 60 tahun hingga 62 tahun. Hasil dari penelitian ini menghasilkan data bahwa Ego Transcendenceyang ada dalam teori perkembangan merupakan hal yang benar dialami oleh subjek dalam penelitian ini, dan juga terdapat beberapa kegiatan yang merupakan bentuk Ego Transcendence yang ada pada subjek Lanjut Usia.

Diharapkan bagi anggota Majelis Ta’lim yang lanjut usia agar bisa tetap mempertahankan kegiatan – kegiatan yang berhubugan dengan Allah SWT baik yang sudah atau akan dilakukan.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar bisa melakukan pendekatan lebih baik lagi, lebih lama lagi kepada subjek. Subjek memang cenderung terbuka terhadap peneliti, namun mungkin saja dengan lebih melakukan pendekatan mendalam akan ditemukan beberapa hal lain yang bisa diungkap. Selain itu, diharapkan peneliti selanjutnya tidak hanya memilih perempuan namun juga subjek laki-laki. Menambah referensi lagi yang lebih banyak  teori-teori mengenai Ego Transcendence.