Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jenis Ritme Musik Pelan dan Cepat Terhadap Kemampuan Konsentrasi Pada Mahasiswa dengan Gaya Belajar Auditory

Desrino Yoga Agusta

Abstrak


ABSTRAK

 

Agusta, Desrino Yoga. 2014. Pengaruh Jenis Ritme Musik Pelan dan Cepat Terhadap Kemampuan Konsentrasi Pada Mahasiswa dengan Gaya Belajar Auditory. Skripsi, Jurusan Psikologi, FPPsi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami M.Si, (II) Ninik Setiyowati S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: Ritme Musik, Konsentrasi, Gaya Belajar Auditory.

 

Semakin berkembangnya zaman, sekarang musik dapat dengan mudah dinikmati oleh siapapun dan di manapun orang tersebut berada. Sekarang orang dapat dengan mudah menikmati musik baik di dalam kendaran maupun ruang kerja melalui smartphone ataupun mp3. Dalam keseharian, konsentrasi sangat dibutuhkan dalam beraktivitas.

 Musik adalah suatu materi berupa suara atau bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara atau bunyi harmonis yang memiliki muatan afektif yang mampu mempengaruhi emosi pendengar yang direpresentasikan melalui ritme. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat perbedaan pengaruh dari jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap konsentrasi seseorang, khususnya pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen randomized two-group design, postest only. Subjek dalam penelitian yang digunakan adalah mahasiswa dengan gaya belajar auditory yang tidak merasa terganggu ketika berkonsentrasi dengan diiringi musik. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 orang dengan pembagian 11 orang adalah kelompok eksperimen I dengan pemberian treatment musik dengan ritme cepat dan 11 orang adalah kelompok eksperimen II dengan pemberian treatment musik dengan ritme pelan. Instrumen yang digunakan untuk melakukan seleksi subjek adalah  VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan konsentrasi adalah tes Pauli dengan menggunakan aspek Jumlah (Ju), aspek Salah (Sa), dan aspek Dibetulkan (Dib). Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor antar dua kelompok eksperimen adalah dengan analisis data deskriptif statistik dan uji komparasi dengan two independent sample test Mann-Whitney U.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari jenis ritme musik pelan dan cepat terhadap kemampuan konsentrasi pada mahasiswa dengan gaya belajar auditory. Nilai signifikansi uji komparasi pada nilai konsentrasi dua kelompok eksperimen tersebut menunjukkan nilai 0,001(