Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kepercayaan Konsumen dan e-WOM (electronic Word Of Mouth) sebagai Prediktor dari Intensi Membeli Produk di Internet pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang

FENI DWI PRATIWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Feni Dwi. 2014. Kepercayaan Konsumen dan e-WOM (electronic Word Of Mouth) sebagai Prediktor dari Intensi Membeli Produk di Internet pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hj. Tutut Chusniyah, M.Si.,(II) Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: kepercayaan konsumen, e – WOM, intensi membeli

 

Kepercayaan konsumen merupakan keyakinan dan harapan konsumen terhadap penjual. e – WOM (electronic Word Of Mouth) merupakan aktivitas penyebaran informasi secara informal dari mulut ke mulut melalui media internet atau web secara online. Sedangkan intensi membeli merupakan kecenderungan atau niat individu untuk melakukan tindakan membeli produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kepercayaan konsumen dan e-WOM (electronic Word Of Mouth) merupakan prediktor dari intensi membeli produk di internet.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa di Universitas Negeri Malang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan konsumen yang terdiri dari 26 aitem dengan reliabilitas sebesar (=0,910), skala e-WOM yang terdiri dari 24 aitem dengan reliabilitas sebesar (=0,901), dan skala intensi membeli sebanyak 10 aitem dengan reliabilitas sebesar (=0,787). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada sejumlah 44% mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki intensi membeli produk melalui internet dengan kategori sedang, 2) ada sejumlah 33% mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki kepercayaan konsumen dengan kategori sedang, dan 3) ada sejumlah 38% mahasiswa Universitas Negeri Malang memanfaatkan e-WOM dengan kategori sangat rendah, 4) kepercayaan konsumen dan e-WOM secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar R Square 0,080 (8%) dengan signifikansi F change(0,018< 0,05), 5) kepercayaan konsumen memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar koefisien uji t (thitung1,995> ttabel 1,98) dengan signifikansi(p 0,049< 0,05), 6) e-WOM tidak memiliki pengaruh terhadap intensi membeli produk di internet sebesar (thitung1,436< ttabel 1,98) dengan signifikansi (p 0,154> 0,05).

Saran dari penelitian ini adalah 1) mahasiswa sebagai konsumen sekaligus pengguna internet, diharapkan lebih selektif mengambil keputusan dalam membeli produk di internet dengan mempertimbangkan informasi yang didapat secara langsung maupun online, 2) penjual di internet hendaknya memiliki kemampuan melayani, kebaikan hati, keterbukaan dalam membentuk kepercayaan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik dalam menawarkan produk online. 3) praktisi yang mempelajari perilaku konsumen hendaknya memperhatikan faktor lain diluar faktor yang telah digunakan oleh peneliti. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor personal, sosial, dan budaya.