Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontrol Diri Sebagai Prediktor Perilaku Agresi Anak Di SD Negeri Sawo 1, Tulungagung

Alam Bakhtiar

Abstrak


ABSTRAK

 

Bakhtiar, Alam 2014. Kontrol Diri Sebagai Prediktor Perilaku Agresi Anak Di SD Negeri      Sawo 1, Tulungagung. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah, S.Psi, M.Si , (II) Ika Andrini Farida, S. Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: kontrol diri, perilaku agresi, dan siswa SD Negeri Sawo 1

 

Kontrol diri adalah suatu kondisi mental yang memengaruhi pembentukan perilaku positif dan produktif dan menentukan hubungan yang harmonis dengan orang lain (Sriyanti, 2011). Faktor yang diduga mempengaruhi perilaku agresi adalah kontrol diri. Kontrol diri dibutuhkan untuk menahan keinginan melakukan agresi dalam bentuk apapun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kontrol diri merupakan prediktor  dari perilaku agresi pada anak-anak SD Negeri Sawo 1 Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri Sawo 1 Tulungagung, memiliki karakteristik laki-laki dan perempuan, merupakan siswa kelas 5 dan rentang usia 10-12 tahun. Subjek penelitian seluruh siswa kelas 5. Instrumen yang digunakan berupa skala Kontrol Diri dan Skala Perilaku Agresi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh enam kesimpulan yaitu (1) Sebagian besar Kontrol Diri yang dimiliki anak-anak di SD Negeri Sawo 1 berada pada kategori tinggi dengan menggunakan skor T mean = 50 dengan deviasi standar St = 10; (2) Sebagian besar Perilaku Agresi yang dimiliki anak-anak di SD Negeri Sawo 1 berada pada kategori rendah; (3) Kontrol diri merupakan Prediktor yang baik untuk Perilaku agresi anak-anak di SD Negeri Sawo 1, (R square 0,604, sig. 0,000 < 0,05) dengan metode regresi linear sederhana

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, Untuk siswa SD Negeri Sawo 1, memiliki Kontrol Diri yang baik. Berdasarkan observasi peneliti, hal tersebut didukung oleh figur contoh yang baik yakni para guru beserta kepala sekolah.. Saran untuk SD yang lain mungkin dapat memilah perilaku guru pada SD Negeri Sawo 1 yang dapat dijadikan referensi untuk mendidik siswa mereka supaya memiliki Kontrol Diri yang baik. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat memberikan kontribusi terhadap kontrol diri pada anak-anak .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Bakhtiar, Alam 2014. Kontrol Diri Sebagai Prediktor Perilaku Agresi Anak Di SD Negeri      Sawo 1, Tulungagung. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah, S.Psi, M.Si , (II) Ika Andrini Farida, S. Psi., M.Psi.

 

Keywords : self-control , aggressive behavior , and students' Sapodilla SD Negeri 1

 

Self-control is a mental condition that affects the formation of positive and productive behavior and determine harmonious relationships with others ( Sriyanti , 2011) . Factors thought to affect aggressive behavior is self-control . Self-control is needed to resist the urge to aggression in any form . This study aims to determine whether self-control is a predictor of aggressive behavior in children SD Negeri Sawo 1.

This study used a quantitative approach and the kind of correlational research . The subjects were students of SD Negeri Sawo 1, has the characteristics of men and women, a 5th grade student and the age range of 10-12 years. Research subjects all students in grade 5 . Instrument used in the form of scale and the Self-Control Behavior Aggression Scale. The analysis used in this study is a descriptive analysis , and simple linear regression analysis. Based on the results obtained by the analysis of six conclusions: (1) majority-owned Self-control children in public primary schools Sapodilla 1 at the high category by using the mean T score = 50 with a standard deviation St = 10; (2) Most of Behavior Aggression owned primary school children in the State Sawo 1 are in the low category; (3) Self-control is a good predictor for Behavioural aggression in elementary school children Sapodilla State 1 , ( R square 0.604 , sig . 0.000 < 0.05 ) with a simple linear regression method.

Based on these results, for students of SD Negeri Sawo 1, have good self control . Based on the observations of researchers , it is powered by a figure that is a good example of the teachers and their principals . Suggestions for other school may be able to sort out the behavior of teachers in public primary schools Sawo 1 which can be used as a reference to educate their students in order to have good self control. For further research , it is advisable to examine other factors that can contribute to self-control in children .