Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Media Pembelajaran dengn Menggunakan Media Permainan Number Crush untuk meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa-Siswi Pusat Layanan Autis Kota Malang

Anin Febry Yustanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yustanti, Anin Febry. 2014. Efektivitas Media Pembelajaran dengan Menggunakan Media Permainan Number Crush untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa-Siswi Pusat Layanan Autis Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistyorini, S.Psi, M.Psi, (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Permainan, Number Crush, Kemampuan Berhitung

 

Autis meberasal dari kata auto yang berarti sendiri. Karakteristik untuk anak penyandang autis menunjukkan perilaku-perilaku yang khas dalam kesehariannya. Karakteristik yang sangat menonjol yaitu mereka menyanangi dunia mereka sendiri dan tidak peduli akan lingkungan sekitarnya. Mereka juga mengalami keterlambatan dalam kemampuan motoriknya. Kemampuan berhitung seseorang sesuai dengan komponen kecerdasan mathematislogis. Pentingnya kecerdasan berpikir untuk meningkatkan logika dan keterampilan berpikir, mengembangkan keterampilan dan memecahkan masalah. Pemberian permaianan untuk anak autis juga dapat dijadikan salah satu cara untuk lebih mengembangkan kemampuan anak. Beberapa ahli psikologi mengatakan bahwa permainan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa anak. Untuk itu peneliti ingin membuat suatu media pembelajaran dalam bentuk permainan yang dapat mengoptimalkan kemampuan anak khususnya untuk anak autis dalam hal berhitung.

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan pendekatan between subject design dalam pengambilan datanya. Desain ekpserimen penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, dimana terdiri dari kelompok subjek eksperimen sejumlah 12 orang dan kelompok kontrol sejumlah 12 orang dan keduanya diberikan soal post test dan pretest. Kelompok control tidak diberikan perlakuan hanya mendapatkan meteri pembelajaran seperti biasanya oleh guru mereka masing-masing, untuk kelompok eksperimen diberikan metode pembelajaran dengan media permainan computer Number Crush.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan media permainan Number Crush efektif digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Dengan penghitungan uji hipotesis U-Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,010 yang berarti efektif karena kurang dari signifikansi 0,005. Terdapat perbedaan hasil skor untuk kelompok eksperimen dengan mean16,21 sedangkan kelompok kontrol 8,79. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada pengajar untuk menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media permainanNumber Crush sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Selain itu, siswa disarankan menggunakan media permainan tersebut secara mandiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACK

 

Yustanti,  AninFebry. 2014. Effectiveness of Using "Number Crush" Game as A Learning Medium to Improve Counting Skills in the Students of Malang Autism Center. Thesis, Department of Psychology, Faculty of Educational Psychology, State University of Malang. Advisors: (I) DiyahSulistyorini, S.Psi, M.Psi, (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Keywords: Learning Media, Game, Number Crush, Counting Skills

 

Autism is derived from the word autos, which means "self". Characteristics of children with autism show typical behaviors in daily life. Very prominent characteristic is their menyanangi their own world and do not care about the surrounding environment. they also experience delays in motor skills. The counting skills of an individual are related to their logical-mathematical intelligence. Reasoning intelligence is important to improve logic and reasoning skills, to develop skills, and to solve problems. Introducing games to autistic children can also work as a way to develop their abilities. Some experts in psychology stated that games have huge impacts on children's cognitive development. Based on this, the researcher wants to create learning medium in the form of games in order to optimize children's counting skills, especially children with autism.

Experimental research method was used in this thesis, with the approach of between subject designin collecting data.This experimental research utilized pretest-posttest control group design, which involved a group of experimental subjects consisting of 12 individuals, and a control group of 12 individuals. Both were given posttest and pretest sessions. The control group was not given any treatment; they only received learning material as usual from their teachers. Whereas, the experimental group was presented with a learning method which employed a computer game called Number Crush.

The results show that this learning method using the Number Crush game is effective in helping students improving their counting skills. By calculation hypothesis test with the Mann-Whitney U-value of 0.010, which means the effective significance due to lack of significance of 0.005. There are differences in outcome scores for the experimental group with mean16, 21, while the control group 8.79. Based on this study, it is suggested to teachers to use instructional media using the media as an alternative Crush Numbers game instructional media to improve the numeracy skills of students. In addition, students are advised to use the media game independently.